Bussines Plan Pempek Mlembung isi mak nyoss
Bussines Plan
pempek |
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Usaha
Bisnis kuliner memang tak ada habisnya, dari sekadar hobi makan pun kini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik dan unik. Makanan tradisional pun dapat dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah satunya adalah Pempek yaitu salah satu jenis makananan tradisional yang merupakan hasil olahan dari tepung dengan campuran ikan.
Rasanya yang enak dan cocok dengan lidah orang indonesia mampu menarik minat para konsumen. Keunikan Produk ini adalah varian rasa yang akan di gunakan sebagai isi dari Pempek.
Oleh karena itu saya tertarik untuk membuka usaha yaitu “Pempek Mlembung isi Nyoss” untuk dijual karena tidak hanya dijadikan sebagai camilan ringan yang rasanya cukup lezat, namun juga mulai diminati para konsumen sebagai salah makanan yang dapat mengenyangkan dan memuaskan lidah para konsumen.
BAB II
BUSINESS PLAN
A. Visi & Misi
1. Visi
Melestarikan makanan tradisional yakni Pempek agar semakin dicintai oleh seluruh masyarakat penikmat Pempek terutama yang berdomisili di wilayah Samarinda.
2. Misi
· Selalu melakukan inovasi secara berkelanjutan terhadap Pempek
· Selalu memberikan kepuasan kepada konsumen terhadap kwalitas dan cita rasa produk Pempek.
· Melayani sepenuh hati dan bersikap ramah kepada setiap keinginan dan kebutuhan setiap pelanggan.
B. Identifikasi Usaha
Usaha yang dijalankan ini diusulkan oleh:
Nama :
Nama Usaha : Pempek Mlembung isi Nyoss
Alamat Usaha :
No. telp. Usaha :
Email Usaha :
C.Ruang Lingkup Usaha
Usaha ini termasuk usaha kecil yang akan di buka di daerah Samarinda tepatnya di Jl.Bhayangkara, namun seiring berjalannya waktu bisa menjadi usaha besar karena kalangan manapun bisa menikmati produk pempek ini terutama untuk orang-orang yang menyukai panganan yang memiliki cita rasa gurih.
D. Tujuan
1. Mendapatkan keuntungan dari produk ini
2. Membuat produk makanan yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat.
3. Memanfaatkan dan meningkatkan hasil olahan dari ikan dan tepung menjadi produk makanan yang bervariasi yang dapat diterima oleh masyarakat luas sebagai salah satu makanan alternatif pengganti cemilan yang mengandung karbohidrat yang enak dan bergizi.
4. Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa makanan tradisional pun dapat memiliki varian rasa yang diaplikasikan sebagai isian yang memiliki cita rasa tinggi
BAB III
ANALISIS USAHA
A. Rencana Produk
Pempek adalah makanan tradisional dari palembang yang saat ini tidak hanya digemari oleh rakyat palembang saja,namun makanan ini sudah sangat terkenal di seluruh wilayah indonesia. Adapun bahan dasar dari makanan ini adalah ikan.
B. Produk/jasa yang dihasilkan
Keistimewaan Pempek Mlembung ini diantaranya :
1. Hidangan lezat dan bergizi
2. Harga relatif terjangkau oleh semua kalangan baik kalangan atas ataupun kalangan menengah
3. Memiliki varian isi
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
A. Jenis Usaha
Jenis usaha berupa usaha rumahan yang menjual makanan yang lezat dan bergizi dan disajikan dengan beberapa isian.
B. Prospek Usaha
Usaha ini merupakan usaha menengah, kalangan manapun tahu dengan produk Pempek ini.. Dalam usaha ini tidak memerlukan banyak orang karena usaha ini masih kecil-kecilan. Dan juga tidak membutuhkan orang yang memiliki keahlian khusus atau juru masak, akan tetapi dibutuhkan sikap tekun, ulet, sabar, dan kerja keras.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
A. Bahan Baku dan penggunaannya
Bahan-bahan untuk membuat Pempek Mlembung:
No.
|
Keterangan
|
1.
|
Tepung Terigu
|
2.
|
Tepung Kanji
|
3.
|
Ikan Tengiri
|
4.
|
Garam
|
5.
|
Penyedap Rasa
|
6.
|
Bawang Putih
|
B. Bahan Penolong
No.
|
Keterangan
|
1.
|
Telur
|
2.
|
Asam Jawa
|
3.
|
Gula Merah
|
4.
|
Cabai
|
5.
|
Timun
|
6.
|
Tong Cai
|
7.
|
Minyak Goreng
|
8.
|
Abon
|
9.
|
Sosis
|
C. Proses Produksi
Adapun cara pembuatan Pempek Mlembung adalah :
Proses pembuatan Pempek Mlembung terdiri dari :
1. Tahap Penyiapan Bahan dan Penimbangan
Pada tahap ini semua bahan untuk membuat empek-empek disiapkan kemudian ditimbang sesuai dengan takaran kebutuhan.
2. Tahap Pencampuran
Pada tahap ini, bahan baku yang terdiri dari:
a. Tepung Terigu
b. Tepung Kanji
c. Air
d. Ikan Tengiri
e. Garam dan Penyedap Rasa
f. Bawang Putih
Dicampur dan diaduk rata sesuai dengan takaran yang di butuhkan pada baskom yang telah disediakan. Aduk secara sempurna sehingga bahan-bahan tersebut tercampur rata.
3. Tahap Pembentukan
Adonan yang telah dicampur dan diaduk tadi, kemudian dibentuk menjadi beberapa jenis. Sisihkan Pempek yang telah terbentuk di baskom lain. Untuk jenis Pempek mlembung isi dengan varian isi yang telah ditentukan.
4. Tahap Perebusan
Dalam proses perebusan, hal yang pertama dilakukan adalah panaskan air hingga mendidih di dalam panci. Kemudian setelah mendidih masukkan adonan. Biarkan adonan hingga mengapung. Jika telah mengapung itu berarti Pempek siap ditiriskan.
5. Tahap Penggorengan
Pada tahap ini, empek-empek yang di goreng tegantung dengan pesanan yang diminta oleh pelannggan, jadi Pempek digoreng jika ada pelanggan yang datang memesan.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
A. Analisis Persaingan Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1. Strength (kekuatan)
Kekuatan produk Pempek Mlembung ini ialah :
Potensi lain yang dimiliki oleh usaha Pempek Mlembung ini yaitu penjualan Pempek dari bahan dasar ikan dan menggunakan varian isi yang masih jarang, sehingga masih besar kemungkinan usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar.
2. Weakness (kelemahan)
Tidak enak jika disantap dalam keadaan dingin , jadi produk harus hangat jika akan di sajikan.
3. Oppurtinity (peluang)
Tempat strategis, ciri khas menu dan isi Pempek Mlembung yang bervariasi menjadikan usaha ini sangat menjanjikan, budaya masyarakat yang konsumtif, di Samarindadapat menjadikan usaha ini memiliki peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.
4. Threath (ancaman)
Banyak saingan yang namanya sudah lebih melambung dan dikenal konsumen terutama di Samarinda, harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan Pempek Mlembung yang mungkin dapat mengurangi pembeli.
B. Analisis 4P
1. Product
Brand : Pempek Mlembung
Quality : Tanpa bahan pengawet
Packing : Menggunakan tempat mika jika di bawa pulang
2. Price
Untuk harga awal, Pempek Mlembung dijual langsung kepada konsumen dengan harga
Rp 15.000 per porsi.
3. Promotion
a. Personal Selling : Pemasaran awal produk kami melalui mulut ke mulut, dimana melalui mulut ke mulut kemudian terus berkembang.
b. Media Online : memasarkan produk melalui jaringan internet melalui social media seperti facebook, BBM dan twitter.
4. Place
Tempat yang dipilih yaitu di Jl.Bhayangkara. Tepatnya di pinggir jalan raya dan outlet es krim .
C. Target Dan Segmentasi Pasar
1. Geografi
Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah yang startegis.
2. Demografi
Berdasarkan demografi, secara pasar kami bertuju pada kalangan siswa, masyarakat dan lingkungan sekitar . Dan dipinggiran jalan dengan membuka Pempek Mlembung untuk mempermudah kami memperoleh informasi pasar.
D. Strategi Pemasaran
1. Perkenalan Bisnis
Produk yang kami tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi, dan harga yang terjangkau dengan rasa yang bermacam-macam. Produk ini bernama “Pempek Mlembung” yaitu Pempek yang disajikan dengan beberapa varian isi.
2. Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Memiliki produk Pempek Mlembung yang berbahan baku ikan dan tepung. Oleh karena itu Pempek Mlembung berniat bekerja sama dengan pemasok ikan yang ada di pelelangan ikan.
3. Menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan.
Produk Pempek Mlembung kali ini yang pertama yaitu Pempek dengan varian isi yang berbeda yaitu telur,sosis, bakso,dan abon.
4. Meningkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan website untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang dibuat oleh Pempek Mlembung.
5. Media pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami melalui media social seperti facebook , BBM dan twitter serta face to face.
BAB VII
RENCANA PERMODALAN
A. Bahan Baku per Hari
No
|
Keterangan
|
Satuan
|
Harga
|
1
|
Tepung Terigu
|
500 gr
|
Rp 4.000
|
2
|
Tepung Kanji
|
5 kg
|
Rp 40.000
|
3
|
Ikan Tengiri
|
5 kg
|
Rp 450.000
|
4
|
Garam
|
1 bungkus
|
Rp 1.000
|
5
|
Penyedap Rasa
|
3 bungkus
|
Rp 3.000
|
6
|
Bawang Putih
|
2 siung
|
Rp 3.000
|
Total
|
Rp 501.000
|
1 adonan bentuk Mlembung = 100 gr = 5000gr = 50 buah
1 adonan bentuk lenjer = 50 gr = 5500 gr = 110 buah
B. Bahan Penolong per Hari
No
|
Keterangan
|
Satuan
|
Harga
|
1
|
Telur
|
2 piring @Rp28.000
|
Rp 56.000
|
2
|
Asam Jawa
|
500 gr
|
Rp 10.000
|
3
|
Gula Merah
|
1,5 kg
|
Rp 20.000
|
4
|
Cabai
|
1 kg
|
Rp 40.000
|
5
|
Timun
|
500 gr
|
Rp 4.000
|
6
|
Tong Cai
|
1 bungkus
|
Rp 7.000
|
7
|
Minyak Goreng
|
3 liter @Rp 7.000
|
Rp 21.000
|
8.
|
Isian
|
Rp 100.000
| |
Total
|
RP 258.000
|
C. Peralatan dan Mesin
No
|
Keterangan
|
Satuan
|
Harga
|
1
|
Timbangan
|
1 Buah
|
Rp 50.000
|
2
|
Sendok Nasi
|
1 Buah
|
Rp 10.000
|
3
|
Blender
|
1 Buah
|
Rp 300.000
|
4
|
Baskom
|
3 Buah @ Rp 6.000
|
Rp 18.0000
|
5
|
Panci Besar
|
1 Buah
|
Rp 100.000
|
6
|
Wajan
|
1 Buah
|
Rp 80.000
|
7
|
Spatula
|
1 Buah
|
Rp 15.000
|
8
|
Serok
|
1 Buah
|
Rp 15.000
|
9
|
Kompor
|
1 Buah
|
Rp 250.000
|
10
|
Kulkas Kecil
|
1 Buah
|
Rp 600.000
|
11
|
Lemari Kaca
|
1 Buah
|
Rp 150.000
|
Total
|
Rp 1.588.000
|
D. Biaya Tenaga Kerja
1 orang = Rp 500.000 per bulan
Jadi biaya tenaga kerja per hari adalah Rp 19.000
E. Biaya Overhead Pabrik
No.
|
Keterangan
|
Satuan
|
Harga/satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Biaya Listrik
|
1 hari
|
Rp 7.500
|
Rp 7.500
|
2
|
Biaya Transportasi
|
1 hari
|
Rp 18.000
|
Rp 18.000
|
3.
|
LPG 3kg
|
1 Tabung
|
Rp 15.000
|
Rp 15.000
|
4.
|
Plastik & mika
|
2 pack
|
Rp 20.000
|
Rp 40.000
|
Jumlah
|
Rp 80.500
|
F. Biaya Sewa Dan Pemasaran
Biaya sewa Rp. 6.000.000,- per tahun
Biaya Pemasaran Rp. 1.500.000 per tahun
G. Harga per Porsi
Harga per Porsi adalah Rp. 15.000,-
Target penjualan Pempek per hari adalah 15 porsi . Jadi total harga adalah Rp. 225.000,-
A. Modal Awal
Total Biaya Awal = Rp 10.427.500,-
B. Analisis Keuntungan
Waktu berjualan yaitu hari senin s/d minggu. Berikut rinciannya :
- Pendapatan Harian = Rp 15.000 x 15 porsi = Rp 225.000
- Pendapatan bulanan = Rp 225.000 x 30 hari = Rp 6.750.000
- Jika diasumsikan penjualan 1 tahun konstan, maka:
- Pendapatan yang akan dicapai = Rp 6.750.000 x 12 = Rp 81.000.000
- Dan dengan biaya produksi = Rp 759.000 x 12 = Rp 9.108.000
Maka laba kotor yang akan dicapai dalam 1 tahun
Rp 81.000.000 – Rp 9.108.000 = Rp 71.892.000
C. Pengembalian Modal
Total modal awal : keuntungan per bulan = Rp 10.427.500 : Rp 6.750.000= 1,5 bulan (45 hari)
BAB VIII
RENCANA ORGANISASI
Rencana Organisasi Pempek mlembung terdiri dari pemilik dan satu pegawai yang melayani para konsumen.
BAB IX
RESIKO
Resiko yang mungkin terjadi dalam usaha yaitu mutu dari bahan yang diperoleh bisa saja memiliki kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak juga pada kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya pembeli produk Pempek Mlembung.
BAB X
PENUTUP
A. Kesimpulan
Usaha Pempek Mlembung ini termasuk usaha yang cukup menjanjikan karena memiliki peluang memperoleh keuntungan yang tinggi dengan berbagai macam isi dan rasa yang sesuai dengan selera konsumen. Namun wirausaha harus memiliki SWOT yang kuat dalam menjalankan usahanya dan harus bisa menganalisa SWOT demi mengembangkan usahanya. Agar tidak menimbulkan kegagalan usaha di tengah jalan, seorang wirausaha harus memiliki rencana dan memperhatikan secara maksimal rencana tersebut agar usaha berkembang dengan cepat serta tetap menjaga kualitas dan berinovasi untuk menarik para konsumen membeli produk tersebut.
0 Response to "Bussines Plan Pempek Mlembung isi mak nyoss"
Post a Comment