BISNIS USAHA BOLU KUKUS PALING TERKENAL DI MASYARAKAT INDONESIA


BUSINESS PLAN


A.  Nama Usaha

Nama usaha yang akan kami dirikan yaitu “Bolu Kukus”.

B. Produk

Usaha ini bergerak di bidang produksi yaitu pengolahan dan pemasaran bolu kukus. Konsep bisnis ini menjual bolu kukus yang masih fres dan berkualitas tinggi. Selain rasanya enak, bolu kukus ini juga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi saat lapar, karena mengandung karbohidrat dari tepung terigu.

C.Pangsa Pasar

Pangsa pasar yang kami tujukan yaitu masyarakat sekitar. Tempat yang akan direncanakan untuk usaha ini yaitu di kampus dan sekitarnya.

D.Lokasi Usaha

Tempat yang akan direncanakan untuk usaha ini yaitu di kampus  dan sekitarnya. Pertimbangan kami memilih lokasi tersebut yaitu:
  • Lokasi ini strategis, karena merupakan pusat kegiatan mahasiswa.
  • Lokasi dekat dengan perumahan penduduk dan tempat kost para mahasiswa.


E.Proses Produksi

Cara Membuat:
  • Alasi ± 20 cetakan bolu kukus dengan kertas roti lalu masukkan ke dalam panci kukus yang airnya sedang mendidih.
  • Kocok telur, gula dan vanilla sampai kental dan naik lalu masukkan bergantian, ½ bagian tepung, ½ bagian air soda, begitu seterusnya sampai adonan habis, aduk rata.  Ambil 5 sdm adonan, beri coklat bubuk, aduk rata.
  • Tuang adonan ke dalam cetakan sampai hampir penuh lalu tambahkan 1-2 sdt adonan yang diberi coklat bubuk.
  • Tutup panci kukusan, masak ± 20 menit dengan api besar tanpa membuka tutpnya.  Kukus hingga matang dan merekah, selama ± 25 menit.
  • Untuk 20 bolu kukus.


F.   Strategi Pemasaran

Berikut ini adalah strategi pemasaran yang kami lakukan :

1.Kebijakan Produk

Usaha ini bergerak di bidang produksi, yaitu bolu kukus. Bisnis ini menjual produk berupa bolu kukus yang memiliki cita rasa yang enak tidak kalah dengan bolu kukus lainnya.

2.Kebijakan Harga

Harga masih merupakan faktor yang perlu mendapat perhatian khusus agar pangsa pasar yang dituju dapat dicapai karena sesuai dengan tingkat pendapatan  mereka. Oleh karena itu kami menawarkan harga yang cukup terjangkau oleh masyarakat khususnya mahasiswa dengan  harga mulai  Rp 1500,

3. Kebijakan Promosi

Untuk meningkatkan pangsa pasar maka perlu dilakukan Promosi, bentuk promosi yang akan kami lakukan antara lain memasarkan produk langsung ke calon pembeli.


G. Biaya Pemasaran

Biaya Pemasaran         “25.000
Biaya Administrasi     “15.000
Total Biaya      “40.000


Struktur Organisasi :
  • PIMPIPINAN
  • BAGIAN PRODUKSI
  • BAGIAN PEMASARAN
  • BAGIAN KEUANGAN
  • KARYAWAN


H. Perencanaan Kegiatan / Penjadwalan kegiatan

1. Persiapan                                             
2. Produksi                                              
3. Pemasaran                                                                                                                                                                  

ASPEK KEUANGAN

. SUMBER DANA                                       

1. Pribadi 100%                      250.000          

0 Response to "BISNIS USAHA BOLU KUKUS PALING TERKENAL DI MASYARAKAT INDONESIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...