BUSSINES PLAN FROREO BAHAN DASARNYA OREO
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan sebaik-baiknya. Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh Dosen pada mata kuliah Kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini pasti menjumpai hambatan, namun berkat dukungan dari berbagai pihak, akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini.
Besar harapan saya, makalah ini dapat bermanfaat bagi semua orang yang membacanya dan dapat membantu teman-teman yang lain dikemudian hari. Akhir kata, penulis memohon maaf apabila dalam penulisan makalah ini terdapat banyak kesalahan.
Banjarmasin, November 2015
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Bisnis makanan dan minuman memang tidak ada habisnya bahkan dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan dan minuman bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik dan unik. Makanan dan minuman biasa dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah satunya adalah oreo yaitu salah satu jenis produk makanan yang merupakan hasil olahan pabrik yang dapat dijadikan makanan dan minuman yang beragam.
Rasanya yang enak dan banyak variasi rasanya menarik minat para konsumen. Selain itu usaha ini akan berkembang maka akan muncul inovasi yaitu dengan adanya berbagai macam olahan dari oreo seperti makanan oreo goreng , keunggulan tersebut akan dimulai setelah memperoleh informasi pasar nanti. Jika aneka rasa tersebut dapat dijalankan dan dapat menarik minat dari konsumen maka mulailah melakukan inovasi dalam usaha ini sehingga konsumen tidak akan merasa bosan. Adapun tempat penjualan yang dicari yaitu lokasi yang ramai misalnya dekat sekolah, perumahan ataupun dekat dengan jalan raya.
Oleh karena itu kami tertarik untuk membuka usaha yaitu “Froreo” untuk dijual sebagai camilan ringan yang rasanya cukup lezat dengan berbagai varian rasa.
BAB II
BUSINESS PLAN
2.1 Visi & Misi
v Visi
Menjadikan “Froreo” sebagai usaha terkenal dengan berbagai rasa yang bervariasi untuk memuaskan para konsumen”.
v Misi
- Mengutamakan kualitas dalam pelayanan
- Berorientasi kepada kepuasan konsumen
- Mengembangkan inovasi – inovasi baik dalam produk maupun pelayanan
- Mengembangkan usaha di beberapa tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha
- Menambah wawasan tentang cara berwirausaha tentang berbagai jenis makanan dari oreo
- Membangun semangat berwirausaha
- Tercipta ekonomi bersama yang mandiri
- Membangun kemandirian mahasiswa dalam menghadapi tantangan global
2.2 Tujuan
· Mendapatkan keuntungan dari produk ini.
· Membuat produk makanan dan minuman yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat.
· Memanfaatkan dan meningkatkan hasil olahan dari oreo dan tepung terigu menjadi produk makanan yang bervariasi yang dapat diterima oleh masyarakat luas sebagai salah satu makanan alternatif pengganti cemilan yang mengandung karbohidrat yang enak dan bergizi.
· Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa oreo goreng ini mempunyai nilai cita rasa yang tinggi.
2.3. Identifikasi Usaha
Usaha yang akan dijalankan
NamaUsaha :
Alamat Lokasi :
No. telp. Usaha :
Email Usaha :
BAB III
ANALISIS USAHA
3.1 Rencana Produk
Froreo menyediakan makanan dan minuman yang berbahan dasar OREO , diantaranya Oreo goreng pelangi yaitu kue yang berbentuk bulat dengan tampilan unik banyak warna yang dapat dijadikan sebagai camilan ringan yang rasanya cukup lezat dan minumannya dengan berbagai varian rasa .
3.2 Produk yang dihasilkan
Keistimewaan Froreo ini diantaranya :
· Hidangan lezat dan bergizi
· Harga relatif terjangkau oleh semua lapisan masyarakat dalam berbagai umur baik anak-anak, remajamaupun orang tua.
· Disajikan dengan berbagai macam rasa dan warna.
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
4.1 Jenis Usaha
Jenis usaha berupa usaha rumahan ( handmade ) yang menjual minuman dan makanan ringan yang lezat dan bergizi yang disajikan dengan berbagai rasa, di antaranya yaitu :
Minuman :
- Oreo Milkshake original
- Oreo Milkshake vanilla
- Oreo Milkshake coklat
- Oreo Milkshake milo
- Oreo Milkshake mocca
Makanan :
- Froreo original
- Froreo vanilla
- Froreo coklat
- Froreo keju
- Froreo mocca
4.2 Prospek Usaha
Usaha ini merupakan usaha menengah, kalangan manapun tahu dengan produk oreo ini. Dalam usaha ini tidak memerlukan banyak orang karena usaha ini masih kecil-kecilan dan juga tidak membutuhkan orang yang memiliki keahlian khusus akan tetapi dibutuhkan sikap tekun, & sabar.
BAB V
RENCANA PEMASARAN
5.1 Analisis Persaingan Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1. Strength (kekuatan)
Kekuatan produk Milkshake Oreo dan Oreo Goreng ini ialah :
Potensi lain yang dimiliki oleh usaha Milkshake oreo dan Oreo goreng ini yaitu penjualan Milkshake oreo dan Oreo goreng dari bahan dasar Oreo masih jarang sehingga masih besar kemungkinan usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar, bahan produk yang terjamin sehat dan higienis, mempunyai ciri khas tampilan dan rasa yang berbeda dengan usaha Milkshake oreo dan Oreo goreng yang lainnya yaitu rasa yang bervariasi serta harga yang cukup terjangkau.
2. Weakness (kelemahan)
Tidak dapat tahan lama, produknya mudah ditiru, tidak cocok bagi konsumen yang tidak suka oreo.
3. Oppurtinity (peluang)
Tempat strategis, ciri khas menu dan tampilan yang menarik dan dibuat sesuai selera menjadikan usaha ini sangat menjanjikan, budaya masyarakat yang konsumtif, di Banjarmasin belum ada yang menjual Milkshake oreo dan Oreo goreng mempunyai peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.
4. Threath (ancaman)
Produk ini mudah di tiru dalam segi produksi dan produk ini termasuk produk yang tidak dapat bertahan lama.
5.2. Analisis 4P
1. Product
Brand : “Froreo”
Quality : Tanpa bahan pengawet
Packing : Mika Plastik
2. Price
Harga terjangkau untuk kalangan menengah bawah – atas .
3. Promotion
a. Personal Selling : Pemasaran awal produk kami melalui kantin kampus, personal, media sosial kemudian terus berkembang.
b. Media Online : memasarkan produk melalui Line dan Instagram .
c. Penjualan Milkshake oreo dan Oreo goreng ini juga memiliki tempat di salah satu kawasan di Banjarmasin .
4. Place
Tempat yang dipilih yaitu di Jl.Sultan Adam komp. Kadar permai 6 no.98 rt. 16
5.3 Target Dan Segmentasi Pasar
1. Geografi
Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah sekitaran Banjarmasin, alasan memilih wilayah ini karena bahan-bahan untuk membuat produk ini sangat mudah ditemukan dikota ini dan juga belum ada yang dapat menjadi pesaing di wilayah ini.
2. Demografi
Berdasarkan demografi, secara pasar kami bertuju pada kalangan umum dan lingkungan sekitar perumahan dan dipinggiran jalan dengan membuka lapak ( Kedai Oreo ) untuk mempermudah kami memperoleh informasi pasar.
5.4 Strategi Pemasaran
1. Perkenalan Bisnis
1. Produk yang kami tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi, dan menyehatkan dengan harga yang terjangkau dengan bentuk dan jenis kue yang bermacam-macam. Produk ini bernama “Rainbow Froreo” yaitu makanan dan minuman yang bahan dasarnya menggunakan Oreo dan ditambahkan berbagai varian rasa .
2. Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Berdasar pada produk yang terbilang baru sehingga menjadikan produk ini mampu menembus pasar . Oleh karena itu Froreo berniat bekerja sama kepada pihak yang memiliki olahan yang berbahan dasar oreo untuk ikut serta mengembangkan usaha ini
3. Menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan.
Produk Froreo kali ini yang pertama yaitu dengan bahan dasar Oreo di tambah berbagai varian rasa dan warna yang di sesuaikan.
4. Meningkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan website/ media sosial untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang dibuat oleh Froreo.
5. Media pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami melalui media social seperti Line dan Instagram serta face to face
BAB VI
RENCANA PERMODALAN
6.1 Modal Awal
1. Rainbow Froreo :
OREO/dus 27.000
Terigu 1 kg 8.000
Minyak 1 lt 11.000
Telur 1 rak 42.000
Gula 1 kg 14.000
Pewarna 1pcs 10.000
Garam 1 bks 1.000
Jumlah 113.000
2. Milkshake OREO :
OREO/dus 27.000
Gelas/ pck 45.000
Susu/ kaleng 10.000
Gula 1 kg 14.000
Jumlah 96.000
Total 209.000,-
6.2 Harga Per unit
Harga jual 1 gelas Oreo Milkshake adalah Rp 5.000
Harga jual Froreo adalah Rp 5.000/3pcs
BAB VII
RENCANA ORGANISASI
Rencana Organisasi terdiri dari kelompok yang bekerjasama dalam melayani para konsumen.
BAB VIII
RESIKO
Resiko yang mungkin terjadi dalam usaha yaitu mutu dari bahan yang diperoleh bisa saja memiliki kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak juga pada kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya pembeli produk Froreo.
BAB IX
PENUTUP
9.1 Kesimpulan
Usaha Froreo ini termasuk usaha yang cukup menjanjikan karena memiliki peluang bisnis yang menjanjikan memperoleh keuntungan yang tinggi dengan berbagai macam rasa dan bentuk yang dapat disesuaikan dengan selera konsumen. namun semua itu juga harus disertai dengan kemampuan membaca peluang yang baik dan managemen yang baik,dan yakinkan bahwa bisnis apapun yang anda lakukan dapat bersaing dan berkembang sesuai harapan.
9.2 Saran
Agar tidak menimbulkan kegagalan usaha di tengah jalan, seorang wirausaha harus memiliki rencana dan memperhatikan secara maksimal rencana tersebut agar usaha berkembang dengan cepat serta tetap menjaga kualitas dan berinovasi untuk menarik para konsumen membeli produk tersebut.
0 Response to "BUSSINES PLAN FROREO BAHAN DASARNYA OREO"
Post a Comment