USAHA BISNIS BANANA CUP CAKES

USAHA BISNIS BANANA CUP CAKES

USAHA BISNIS


BAB I
 PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Usaha

bisnis makanan memang tidak ada habisnya bahkan dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik dan unik. makanan biasa dikreasikan menjadi makanan yangmemiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. salah satunya adalah cup cakes yaitu salah satu jenismakanan yang merupakan hasil olahan dari tepung terigu.Dasanya yang enak dan variasi bentuknya yang lucu mampu menarik minat para konsumen. Keunikan Produk ini adalah produk dari segi bahan dasarnya yaitu pisang ambon dibuat dengan tepung terigu berkualitas tinggi yang mudah di dapatkan. selain itu usaha cup cakes ini ketika nantinya sudah berkembang maka akan diadakan inovasi yaitu dengan adanya rasa yang ber)ariasi diantaranya yaitu ada rasa keju, blueberry, strawberry, vanilla,melon, anggur serta rasa green tea. Keunggulan tersebut akan dimulai setelah memperoleh informasi pasar nanti. Jika aneka rasa tersebut dapat dijalankan dan dapat menarik minat dari konsumen maka mulailah melakukan inovasi dalam usaha ini sehingga konsumen tidak akan merasa bosan. Adapun tempat penjualan yang dicari yaitu lokasi yang ramai misalnya dekatsekolah, perumahan ataupun dekat dengan jalan raya.0leh karena itu saya tertarik untuk membuka usaha yaitu Banana Cup Cakes untuk dijual karena tidak hanya dijadikan sebagai camilan ringan yang rasanya cukup lezat, namun juga mulai diminati para konsumen sebagai salah satu bingkisan unik untuk melengkapi moment istimewa yang mereka miliki.

BAB II
BUSINESS PLAN

A.visi & misi

visi :
menjadikan "Banana cup Cakes" sebagai usaha terkenal dengan berbagai rasa dan bentuk yang bervariasi untuk memuaskan para konsumen.

Misi :
1.mengutamakan kualitas dalam pelayanan
2.Berorientasi kepada kepuasan konsumen
3.Mengembangkan inovasi- inovasi baik dalam produk maupun pelayanan
4.Mengembangkan usaha di beberapa tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha
5.Menambah wawasan tentang cara berwirausaha tentang kue Banana cup Cakes

B. Identifikasi Usaha

Usaha yang dijalankan ini diusulkan oleh"
Nama :
Nama Usaha:
Alamat :
No. telp. Usaha :
email usaha :

C. Ruang Lingkup Usaha

Usaha ini termasuk usaha kecil yang akan di jual di daerah.Namun seiring berjalannya waktu bisa menjadi usaha besar karena kalangan manapun bisamenikmati produk cup cakes ini terutama bagi yang suka pisang dan coklat.

D.Tujuan

1.Mendapatkan keuntungan dari produk ini
2.Membuat produk makanan yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat
3.Memanfaatkan dan meningkatkan hasil olahan dari pisang ambon dan tepung terigumenjadi produk makanan yang bervariasi yang dapat diterima oleh masyarakat luas sebagai salah satu makanan alternatif pengganti cemilan yang mengandung karbohidrat yang enak dan bergizi
4.Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa Cup Cakes pisang ini mempunyai nilai cita rasa yang tinggi.

BAB III 
ANALISIS USAHA

A.Rencana Produk 

Banana Cup Cakes ialah kue kecil berbentuk cetakan mangkok yang dapat dijadikan sebagai camilan ringan yang rasanya cukup lezat. Adapun bahan utama yang digunakan oleh Banana Cup Cakes adalah pisang ambon.

B.Produk Dan Jasa Yang dihasilkan

Keistemewaan Banana Cup Cakes ini diantarany :
1.Hidangan lezat dan bergizi.
2.Harga relatif terjangkau oleh semua lapisan masyarakat dalam berbagai umur baikanak-anak,remaja maupun orang tua.
3.Disajikan dengan berbagai macam bentuk dan rasa.

BAB IV
  DESKRIPSI TENTANG USAHA

A.Jenis Usaha
Jenis usaha berupa usaha rumahan yang menjual makanan ringan yang lezat dan bergiZi dandisajikan dengan berbagai rasa, di antaranya yaitu:
1.Banana Cup Cakes 0riginal
2.Banana Cup Cakes rasa Keju
3.Banana Cup Cakes rasa straWberry
4.Banana Cup Cakes rasa coklat
5.Banana Cup Cakes rasa vanilla
6.Banana Cup Cakes rasa green tea
7.Banana Cup Cakes rasa Blueberry
8.Banana Cup Cakes rasa Anggur

Adapun ukuran cup cakes ini, ada 3 yaitu ukuran kecil dan medium.

B.Proses Usaha
Usaha ini merupakan usaha menengah, kalangan manapun tahu dengan produk cup cakes ini.dalam usaha ini tidak memerlukan banyak orang karena usaha ini masih kecil-kecilan dan juga tidak membutuhkan orang yang memiliki keahlian khusus akan tetapi dibutuhkan sikap tekun dan sabar.

BAB V 
 RENCANA PRODUKSI

A. Bahan Baku dan Penggunaannya

Bahan-bahan untuk membuat Banana Cup Cakes:

Bahan Baku :
1. 1,5 kg terigu
2. 10 butir telur
3. Pondan secukupnya
4. bahan Pewarna secukupnya
5. Lima sendok teh Baking PoWder
6. Soda Kue secukupnyanya
7. 400 gram margarine
8. 1000 ml susu cair
9. 500 gram pisang ambon, di haluskan
10. 175 gram Gula
11. Garam secukupnya
12.250 gram gula palem

Bahan-bahan untuk topping :

1. 500 gram buttercream
2. 750 gram cokelat masak pekat, dilelehkan

B. Proses Produksi

Adapun cara pembuatan Banana Cup Cakes adalah :
1. Pertama panaskan susu cair serta susu bubuk dan aduk hingga benar-benar larut, lalu matikan apinya.
2. Setelah itu tambahkan potongan dark coklat secukupnya dan pisang ambon yang sudahdihaluskan tersebut dan aduk hingga larut merata.
3. Lalu masukkan mentega serta sebagian gula pasir halus ke dalamnya.
4. Tambahkan kuning telur yang telah dikocok hingga rata
5. Tuangkan adonan tersebut ke dalam tepung terigu sambil di aduk rata dan kemudian adonandi sisihkan.
6. Kemudian kocok putih telur hingga setengah mengembang.
7. Lalu tambahkan sisa gula halus tadi ke dalamnya sambil terus dikocok hingga benar-benar mengembang.
8. Masukkan kocokan putih telur tersebut ke dalam terigu sambil di aduk dengan perlahan.
9. Luangkan ke dalam cetakan muffin yang sudah diberi alas kertas.
10. Setelah itu oVen selama 25 menit dalam suhu 180  celcius hingga matang
11. Untuk toppingnya anda bisa memanaskan krim kental lalu tambahkan potongan dark cokelat dan aduk hingga larut merata.
12. Hiaslah bagian atas cupcake dengan topping yang telah dibuat.

BAB VI
 RENCANA PEMASARAN.

A. Analisis Persaingan Usaha

Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1. Strength (kekuatan)
Kekuatan produk Banana Cup Cakes ini ialah:
Potensi lain yang dimiliki oleh usaha Banana Cup Cakes ini yaitu penjualan Banana Cup Cakes dari bahan dasar buah pisang masih jarang sehingga masih besar kemungkinan usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar, bahan produk yang terjamin sehat dan higienis, mempunyai ciri khas tampilan dan rasa yang berbeda dengan usaha cup cakes yang lainnya yaitu rasa yang bervariasi serta harga yang cukup terjangkau.

2. Weakness (kelemahan)
Tidak dapat tahan lama, produknya mudah ditiru, tidak cocok bagi konsumen yang tidak suka buah pisang dan coklat.

3. 0ppurtinity (peluang)
Tempat strategis, ciri khas menu dan tampilan cup cake yang unik dan dibuat sesuai selera menjadikan usaha ini sangat menjanjikan, budaya masyarakat yang konsumtif, di Sangatta Selatan khususnya di km 13 banyak belum ada yang menjual cup cakes sehingga Banana Cup Cakes mempunyai peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

4. hreath (ancaman)
Banyak saingan yang namanya sudah lebih melambung dan dikenal konsumen terutama diSangatta Utara, harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga cup cakes yang mungkin dapat mengurangi pembeli.

B. Analisis 4P

1. Product
Brand :Banana Cup Cakes
Quality : Tanpa bahan pengaWet
Packing : Menggunakan kertas cup

2. Price
Untuk harga aWal, Banana Cup Cakes dijual langsung kepada konsumen dengan harga 5000 per pcs.

3.Promotion
a. Personal selling : Pemasaran awal produk kami melalui mulut ke mulut, dimana melalui mulut ke mulut kemudian terus berkembang.
b.media 0nline : memasarkan produk melalui jaringan internet melalui social media seperti facebook dan twitter.
c.Di lakukan masa promosi selama 2 minggu pada setiap pembelian 1 paket dengan isi 6 porsi akan memberikan diskon 5% dari harga tersebut.

4.Place
tempat yang dipilih yaitu  letaknya yang cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat (konsumen).

C. Target Dan Segmentasi Pasar

1. Geografi

Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah yang mudah ditemukan bahan dan produk yang diperlukan.

2. Demografi

Berdasarkan demografi, secara pasar kami bertuju pada kalangan siswa, masyarakat dan lingkungan sekitar perumahan dan dipinggiran jalan dengan membuka toko kue Cup Cakes untuk mempermudah kami memperoleh informasi pasar.

D. Strategi Pemasaran

1. Perkenalan Bisnis
Produk yang kami taWarkan merupakan makanan yang lezat, bergiZi, dan harga yang terjangkau dengan bentuk dan rasa yang bermacam-macam. Produk ini bernama Banana Cup Cakes.


2. Membangun Jaringan dengan usaha lain Yang dapat mendukung Bisnis
Memiliki produk cup cakes berbahan baku seperti pisang ambon, terigu, telur, pandan, baking powder, garam, gula pasir dan coklat. 0leh karena itu Banana cup cakes berniat bekerja sama kepada mereka yang menyediakan produk cup cakes.

3. menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan.
Produk Banana Cup Cakes kali ini yang pertama yaitu cup cakes dengan pisang dan toping coklat dan rasa serta bentuk yang dapat disesuaikan.

4. Meningkatkan kualitas Pelayanan
Menyediakan Website untuk Wadah para konsumen memberikan saran atas produk yangdibuat oleh banana cup cakes.

5.Media Pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami melalui media social seperti facebook dan tWitter serta face to face

BAB VII RENCANA PERMODALAN

A.Biaya Awal

Biaya Variabel :

Keterangan : masing - masing jumlah x 4 minggu (1 bulan)

Biaya Tetap :

B.Harga Per unit

Harga jual 1 Cup Cakes RP 5000 untuk ukuran medium dan RP 2500 untuk ukuran small.Target penjualan Banana Cup Cakes per hari adalah 10 boX. Dalam 1 (satu) boX terdiri dari 6 pcs untuk ukuran medium dan 12 pcs untuk ukuran small cup cakes dengan total harga per boX RP 30.000.

C.Modal Awal

Total Biaya Awal
= RP 1.634.000 + RP 11.254.324 = RP 12.888.324

D.Analisis Keuntungan
Waktu berjualan yaitu hari senin s/d minggu. Berikut rinciannya :

- Pendapatan Harian =RP 5000 X 6 PCS X 10 BOX = RP 300.000
- Pendapatan bulanan = RP 300.000 X 30 HARI = RP 9.000.000

Jika diasumsikan penjualan 1 tahun konstan, maka :
- Pendapatan yang akan dicapai = RP 9.000.000 X 12 = RP 108.000.000
- Dan dengan biaya Variabel = RP 1.634.000 X 12 = RP 19.608.000
Maka laba kotor yang akan dicapai dalam 1 tahun :
RP 108.000.000 - RP 19.608.000 = RP 88.392.000

E. Pengedalian Modal

Total modal aWal : keuntungan per bulan = RP 12.888.324 : RP 9.000.000 = 1,4 BULAN (34 HARI)

BAB VIII RENCANA ORGANISASI

Rencana 0rganisasi Banana Cup Cakes terdiri dari pemilik dan satu pegawai yang melayani para konsumen.

BAB IX RESIKO

Resiko yang mungkin terjadi dalam usaha yaitu mutu dari bahan yang diperoleh bisa saja memiliki kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak juga pada kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya pembeli produk Banana Cup Cakes.



0 Response to "USAHA BISNIS BANANA CUP CAKES"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...