BISNIS PLAN CAFE AND WARUNG

BISNIS PLAN  CAFE 

CREATIVE IDEA

Wall Cafe adalah sebuah cafe atau warung yang didesain simple namun nyaman.  Dicafe ini nilai yang paling ditonjolkan adalah kenyaman.  Karena selain sebagai tempat nongkrong, cafe ini menyediakan fasilitas yang tujuannya untuk istirahat. Pohon yang rindang, tempat lesehan atau pun bersofa, hotspot, tempat print, tv, full music, majalah, dan yang tentunya menu makanan, minuman, serta cemilan adalah fasilitas dan produk yang ditawarkan di cafe ini.  Cafe ini bisa jadi sarana tempat istirahat sementara bagi mahasiswa yang punya jeda kuliah, atu sekedar membahas acara kampus.  Konsep cafe ini sengaja dibuat tak semewah cafe yang lainnya karena ingin menunjukkan kesan hommy, sehingga pengunjung dapat betah berlama-lama berada di cafe.  Cemilan yang tersedia disini banyak mulai dari berbagai macam gorengan dan gorengan bakar, jajanan kering (makroni, stik keju,dan lain-lain) sampai pancake ataupun sereal.  Tak perlu khawatir kehabisan cemilan karena disini pengunjung bisa beli cemilan kering secara ons, sesuai permintaan.  Makanan yang disajikan disini juga beragam dari cat rice (nasi kucing), nasi goreng, sampai masakan rumahan yang bisa dipesan sesuai menu harian.  Sedangakan menu minuman seperi cafe lainnya berbagai jenis kopi ada disini tapi dengan harga dibawah Rp 5,000 rupiah.  Sangat terjangakau untuk kalangan mahasiwa. Berbagai produk dan fasilitas yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan konsumen yang sebagian besar adalah mahasiswa.

LATAR  BELAKANG

Bisnis cafe  dan warung makan semakin berkembang seiring dengan pertumbuhan penduduk perkotaan yang semakin padat. Di kota-kota besar cafe-cafe dan rumah makan terus tumbuh bak jamur dimusim hujan.
Namun melihat di sekitar unika belum ada cafe yang menjamur, maka cafe ini bisa jadi pelopor cafe-cafe lainnya untuk tumbuh dan berkembang di sekitra unika.  Panadangan anak unika tentang cafe mungkin mahal dan eksklusif, jadi cafe ini dibuat untuk mengubah cara pandang bahwa cafe itu hanyalah sebuah sebutan untuk tempat nongkrong dengan berbagai makanan dan minuman yang disajikan,  masalah mahal atau eksklusif itu tergantung konsep dari cafe itu sendiri.
Dari banyak pengamatan yang dilakukan tempat yang sering dikunjungi para mahasiswa adalah warung kucingan (nasi kucing), dari sinilah cafe ini didirikan ingin sedikit meningkatkan pandangangan tentang warung kucingan yang biasa dengan warung kecil dan bangku seadanya.  Cafe ini suasanya dibuat seperti warung kucingan namun dengan tempat yang lebih nyaman serta fasilitas yang maksimal.  Sehingga mahasiswa yang biasanya hanya makan dan ngobrol di warung kucingan, kini bisa juga bersantai, berhotspot dan mengerjakan tugas di cafe ini.  Oleh karena itu makanan seperti nasi kucing dan gorengan serta gorengan bakar yang khas dari warung kucing juga ada di cafe ini.
Yang melatar belakangi cafe ini juga karena melihat banyaknya mahasiswa yang jenuh dikampus untuk menunggu kuliah berikutnya tapi rumah jauh.  Cafe ini hadir untuk memberikan fasilitas istirahat bagi para mahasiswa yang sedang menunggu kuliah berikutnya.  Dengan karpet disertai fasilitas TV, para mahasiswa diperbolehkan tidur atu sekedar beristirahat.  Sebagai pemasukan cafe mahasiswa nantinya akan diberikan kartu member, dan boleh memasuki ruangan santai stelah memesan 1 menu.  Dengan begitu para mahasiswa yang rumahnya jauh bisa datang ke cafe ini den beristirahat dengan nyaman.
Jika siang banyak tempat makan buka tapi pada malah hari tempat makan yang buka di sekitar unika minim.  Oleh karena itu cafe ini hadir sehingga para mahasiswa yang kos bisa makan malam sehat di tempat yang tak jauh dari wilayah kos mereka.  Agar tidak bosan cafe ini tiap harinya menghadirkan menu harian berbeda sehingga lebih bervariasi.  Konsumen pun dapat memesan makanan yang diinginkan diluar menu dengan catatan pesan pada hari sebelumnya. Diharapkan hadirnya cafe ini memberi warna di sekita unika ketika malam hari sehingga tak lagi terkesan sepi dan menyeramkan.
Seperti cafe pada umumnya Wall Cafe juga dilengkapi dengan hotspot area sehingga para pengunjung juga dapat menggunakan fasilitas internet. Setiap tahunnya jumlah mahasiswa akan meningkat, sedangkan tempat-tempat yang nyaman untuk melakukan pertemuan, belajar bersama, dan ngobrol yang nyaman semakin sulit di temukan di kawasan universitas. Dizaman sekarang ini hampir tiap mahasiswa mempunyai Laptop yang mendorong akan permintaan koneksi internet melalui wireless juga bertambah.  Oleh karena itu Cafe Wall hadir dengan hotspot area yang dilengkapi fasilitas tempat print.  Karena biasanya mahasiswa mengerjakan tugas di cafe atau tempat hotspot tapi masih bingung untuk menjari tempat print.  Jadi disini fasilitas print ada untuk memudahkan mahasiswa yang datang ke cafe dengan tujuan mengerjakan tugas.
Setelah memperhatiknan beberapa cafe ternyata setiap cafe memiliki kekurangan tersendiri yang apabila dapat kita tutupi dengan fasilitas yang ada pada cafe kita,maka dapat dipastikan para pengunjung akan berpindah kepada cafe yang kita kelola.
Kekurangan cafe-cafe kebanyakan adalah:
• Mahalnya biaya makanan yang sering kali membuat mahasiswa enggan kembali lagi ke cafe tersebut
• Kondisi cafe yang tidak nyaman
• Tidak ada system paket. padahal dengan system paket ini konsumen maupun pihak café sama sama diuntungkan, Fasilitas kurang melihat kebutuhan mahasiswa.
Dengan memperhitungkan poin-poin di atas,maka saya memepertimbangkan usaha ini dapat bersaing di tengah maraknya usaha dibidang cafe meskipun membutuhkan dana yang cukup besar sebagai modal awalnya.Namun perlu diingat bahwa dalam membangun usaha jangan pernah setengah-setengah dibutuhkan komitmen tinggi yang disertai dengan ketekunan.

VISI dan MISI

• Menyediakan tempat nongkrong yang nyaman dan murah sesuai dengan kenatong mahasiswa
• Menyediakan menu makanan dan minuman dengan harga standar tapi kualitas maksimal
• Menyediakan tempat hang out bagi mahasiswa secara hemat
• Menjaga suasana cafe yang hommy serta nyaman untuk belajar.


ANALISI SWOT

1.Strength
• Cafe dengan menu yang harganya sesuai kantong mahasiswa.
• Tempat dan situasi cafe yang nyaman dengan 2 pilihan, indoor berlokasi di lantai dasar dan outdoor yang berlokasi di lantai atas dengan suasana alam.
• Lokasi tempat di daerah perumahan dan juga tempat kos-kosan mahasiswa.
• Menghadirkan menu kucingan dengan trempat cafe yang sederhana tapi nyaman.
• Dilengkapi dengan fasilitas WiFi serta TV kabel ( Indivision ).
• Selain wifi dilengkapi juga dengan fasilitas jasa print yeng mendukung tugas mahasiswa.
• menyediakan berbagai cemilan mulai dari gorfengan, pancake sampai berbagai jenis makanan kering

2. Weakness
• Dana yang dibutuhkan untuk pengadaan sarana dan prasarana cukup besar.
• Pada awal pembukaan perlu promosi ekstra
• Lokasi di kawasan unika jarang dilalui kendaraan

3.Opportunity
• Di kawasan unika belum banyak cafe yang berdiri.
• Bisa bekerjasama dengan kos-kosan dan warung kucingan
• Karena berada di lokasi perumahan dan lingkungan kos-kosan memungkinkan pihak manajemen untuk mengadakan event-event tertentu seperti acara nonton bola bersama, mendatangkan artis ibukota, mengadakan game-game berhadiah pada acara valentine, dan sebagainya.

4.Threats
• Pada saat liburan semester/hari libur kampus, jumlah pengunjung akan berkurang secara signifikan.
• Banyaknya café-café yang ada di mall akan turut memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan café.
• Banyaknya pesaing di daerah perumahan/kos-kosan
• Masih menganggap cafe adalah tempat mahal

7 P DALAM PELAKSANAAN BISNIS

1. Product
Produk yang ditawarkan Wall cafe:
• Layanan hostpot (disertai Username dan password)
• Fasilitas jasa print
• Ruang santai dengan fasilitas TV dan full music
• Makanan: nasi goreng, nasi kucing, masakan rumah yang tuap harinya berganti menu (terdiri dari 3 jenis sayur dan 3 jenis lauk)
• Minuman: berbagai maca kopi, teh, jus buah,susu, dan variasi lainnya.
• Makanan kecil / camilan: gorengan, gorengan bakar, sate, pancake, sereal, berbagai makanan kering (keripik, makroni, stik keju, wafer) dalam bentuk ons

2.Price
Sesuai dengan visi misi Wall Cafe yang memberikan produk dan pelayanan sesuai kantong mahasiswa. Maka harga-harga yang ditawarkan juga tidak terlalu besar. Untuk minuman harga dibawah Rp 5,000. Untuk makanan berkisar duapuluh ribuan, dan untuk cemilan dibawah Rp 20,000,-. Ini sangat pas untuk kalangan mahasiswa terutama para mahasiswa yang kos dan merantau.

3.Place
Karena sasaran dari cafe Wall Cafe ini adalah mahasiswa unika, makan tempatnya di sekitar unika, di kawasan kos-kosan. Karena lokasinya yang kurang startegis maka bangunan dibuat semennaruk mungkin dengan tetap menonjolkan kenyamanan pengunjung.

4.Promotion
Promosi dilakukan dengan banyak cara:
• Promosi Penjualan
• Koneksi hostpot gratis (minggu Pertama)
• Makanan dan minuman Berdiskon (minggu Pertama)
• Memberikan vocer kepada pelanggan
• Promosi Iklan
• Brosur dan daftar harga
• Penyebaran pamlet di mading-mading kampus
• Memasang iklan di beberapa radio favorite

5. Process
Untuk proses, dalam menyampaikan proroduk, pengujung doberikan menu terlebih dulu, lalu kta memberikna pelayanan terhadap paket yang dipilih, selanjutnya pengunjung membayar pada kasir dengn menggunakan member card.

6. People
Hal dapur (makanan) meracik minuman.  Sedangkan untuk pramusaji dan kasir, kita bisa mnggunakan sistem kerja partime.

7. Physical Evidence
Untuk penampilan fisik pada cafe menggunakan aliran nyaman sederfhana. Konsepny diare luar ada parkir yang luas, ada mena menu, lalu Cafe terdiri dari 2 lamtai.  Untuk yang diatas didesain senyaman mungkin dengan posisi lesehan maka hanya perlu karpet dan beberapa meja pendek.  Karena di lantai atas digunakan untuk istirahat juga maka fasilitas TV ada.  Sedangkan untuk laintai dasaar menggunakan kursi tinggi.  Desain intrior dibuat sederhanya agar pengunjung betah berlama-lama dakam cafe

PENGEKPLOITASIAN PELUANG

• Belum menjamurnya bisnis cafe di daerah unika menjadi satu peluang tersendiri untuk menarik pengunjung.
• Karena banyak mahasiswa yang mebutuhkan temta istirahat disaat menunggu kuliah maka cafeWall Cafehadir dengan ruang santai.
• Sulitnya mahasiswa untuk mencari makan malam membuat cafe punya peluang utnuk menyajikan berbagai menu makanan yang bervariasi.
• Karena kadang banyak anggapan cafe itu mahal,Wall Cafemenawarkan produk dan fasiltas dengan harga terjangkau.
• Kebutuhan akan tempat nongkrong yang dekat dengan kampus jadi salah satu lahan peluang, karena mahasiswa butuh tempat hang out.

VALUE TO OFFER
Nilai atau value dari bisnis cafe Wall sehingga bisa diterima pasar:
• Kenyamanan suatu tempat untuk berkumpul yang menyediakan berbagai makanan dan minuman, serta cemilan bagi para pengunjung yang hanya ingin bersantai.  Serta memberikan fasilitas ruang santai, WiFi, TV, dan jasa print.
• Kacepatan dalam pelayanan serta kualitas produk (makanan,minuman) sangat dijaga sehingga pengunjung puas.
• Perbedaan harga dengan cafe-cafe lainnya membedakan cafe Wall dengan cafe lainnya, karena harga di cafe ini sesuai standar kemampuan mahasiswa (disesuaikan dengan porsi)
• Fasilitas ruang santai membedakan cafe ini dengan cafe lainnya, karena dalam ruang santai ini pengunjung bisa beristirahat sejenak sambil menonton tv.

PEMANFAATAN SUMBER DAYA

• Untuk memenuhi berbagai menu makanan dan minuman yang makan proses memasak dan meracik dalakukan sendiri oleh ahli.
• Untuk peyanan sumberdaya manusia yang dibutuhkan bisa dari semua umur yeng jelas sudah tujuhbelas tahun ke atas.
• Bahan makanan, minuman serta cemilan didapat tiap harinya dari beberapa instasi kerjasama (misal minuman kita memeberikan kerjasama untuk menggunakan produk itu dengan catatan kerjasama yang disepakati bersama)

PASAR SASARAN 

• Mahasiswa
• Organisasi-organisasi Kampus
• Dosen
• Pelajar setempat

0 Response to "BISNIS PLAN CAFE AND WARUNG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...