PROPOSAL BISNIS USAHA SALON

PROPOSAL USAHA SALON
(USAHA DALAM BIDANG JASA)
salon


KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan proposal ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
       Proposal ini disusun agar pembaca dapat mengetahui tentang jasa ,yang disajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber buku dan internet. proposal ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah, akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
         Proposal  ini memuat tentang “usaha salon (jasa)” , karena penyusun ingin mendalami tentang cara membuka usaha catering dan ingin berbagi tentang usaha catering tersebut.
          Semoga proposal ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Dengan demikian penyusun mengucapkan terima kasih.


Daftar  isi
1.Latar Belakang.....................................................
a.Konsep Bisnis

Produk perawatan yang berkualitas tinggi

Layanan konsumen yang prima

Desain dan atmosfer salon yang cozy dan eksklusif
b.   Produk yang ditawarkan
c.   Harga
d.   Persediaan Barang dan Pemasaran
e.   Layanan pelanggan
f.    Desain Gerai
g.   Pasokan barang dagangan
h.   Operasi Gerai

Resiko salon...........................................................
Untuk mengatasi hal tersebut dengan cara.............................
PENUTUP.....................................................................


PROPOSAL BISNIS USAHA SALON

PEMBAHASAN


1.   Latar Belakang

Salon adalah sebuah usaha perseorangan yang bergerak di bidang jasa kecantikan baik itu berupa kecantikan wajah, kecantikan rambut dan kecantikan badan. Usaha ini dikhususkan bagi para wanita baik anak-anak remaja hingga orang dewasa. Jenis jasa yang ditawarkan sangat variatif mengingat kebutuhan akan kecantikan merupakan idaman bagi setiap wanita. Salon merupakan salah satu wadah untuk mewujudkan hal tersebut. Selain itu, pelayanan yang baik menjadi andalan salon tersebut untuk meningkatkan mutu pelayanan bagi pengunjung salon sehingga tidak akan mengecewakan pelanggan.

a.   Konsep Bisnis

Salon adalah konsep salon kecantikan untuk para wanita.Manajemen perusahaan ingin menekankan bahwa peluang membuka salon kecantikan. Hal ini karena memanjakan diri di salon kecantikan bagi banyak kaum wanita sudah merupakan kebutuhan. Semua wanita suka memanjakan diri ke salon. Memanjakan diri di salon khusus bahkan telah menjadi gaya hidup bagi kalangan tertentu.

Berikut ini adalah 5 elemen utama yang ditawarkan Salon yang membedakannya dengan sesama salon kecantikan yang ada di Sigli :
•     Produk perawatan yang berkualitas tinggi

Salon didirikan untuk memberikan pelayanan dalam bidang jasa dengan produk perawatan salon yang berkualitas tinggi dan harga terjangkau. Penawaran ini akan menjadi jawaban bagi kebutuhan konsumen akan perawatan diri dengan produk berkualitas tinggi dan harga yang terjangkau. Asisten salon merupakan lulusan terbaik dan profesional sehingga dalam pengerjaannya terampil dan hasilnya dan tentunya tidak akan mengecewakan para pelanggan nantinya. Selain itu, menu perawatan di Salon ini sangat lengkap.
•     Layanan konsumen yang prima

Tujuan perusahaan adalah mengembangkan layanan jasa yang positif dan proaktif yang akan dialami oleh konsumen setiap kali mereka datang ke T2 Salon. Karena konsep ini adalah konsep yang masih baru di kota-kota besar dan perusahaan mengandalkan kunjungan kembali konsumen, maka  interaksi dengan konsumen merupakan hal yang kritis dan merupakan kunci sukses bisnis ini. Pegawai memegang peranan penting dalam hal ini. Oleh karenanya, perusahaan menetapka pegawai yang direkrut adalah orang-orang lulusan terbaik dan profesional, berpenampilan menarik dan gembira, teliti, cekatan, motivasi tinggi, dan yang memiliki komitmen untuk melayani konsumen. Perusahaan juga memberikan perhatian, pengembangan diri karyawan, dan kompensasi bagi hasil bagi para karyawannya agar dapat memberikan layanan yang prima.

•     Desain dan atmosfer salon yang cozy dan eksklusif

Salon akan dirancang dengan cozy dan eksklusif pada interior dan perabotnya. Desain yang unik sangat diperhatikan untuk menjadi penambah daya tarik salon.


b.   Produk yang ditawarkan

salon menawarkan berbagai bidang jasa dalam kecantikan para wanita. Jasa yang ditawarkan dalam usaha tersebut yaitu sebagai berikut
•     jasa perawatan rambut seperti pemotongan rambut, Creambath, pelurusan rambut, keriting rambut, spa, masker rambut, sasak rambut, cuci dan blow rambut, cat dan bliching rambut dan toning rambut.
•     Jasa perawatan wajah ditawarkan facial wajah, make up wajah, rias make up pengantin, pijat wajah,totok aura.
•     Jasa perawatan tubuh disediakan jasa mandi uap, berbagai macam lulur, mandi susu, pijat refleksi, pediqure dan mediqure.


c.   Harga

Harga yang ditawarkan dalam usaha tersebut sangat menggiurkan khususnya berada pada lokasi perkuliahan mahasiswa maka harga masih terjangkau dan relatif murah jika dibandingkan dengan harga salon di tempat lain, bahkan bisa mencapai 30 persennya.
Berikut adalah daftar harga :
Jasa perawatan rambut                        Rp 8.000 – Rp 250.000
Jasa perawatan wajah                          Rp 20.000 – Rp 150.000
Jasa perawatan tubuh                          Rp 15.000 – Rp.100.000


d.   Persediaan Barang dan Pemasaran

•     Strategi pemasaran perusahaan adalah menciptakan tingkat kesadaran kualitas, mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai materi promosi dan edukasi produk yang ditawarkan perusahaan.
•     Implementasi strategi ini meliputi hal-hal berikut:
•     Memberikan gratis “creambath” agar konsumen dapat mencoba pelayanan.
•     Penawaran kartu potongan yang dapat digunakan pada hari-hari tertentu untuk mendorang kunjungan berganda.
•     Materi-materi edukasi (seperti selebaran dan buku saku) yang berkaitan dengan produk perawatan, manfaatnya, dan petunjuk pemanfaatan produk tersebut.
•     Layanan proaktif karyawan : melatih dan mendidik karyawan mengenai teknik layanan dan persiapan serta cara melayani konsumen dengan antusias
•     Penempelan logo, media luar ruang, dan sebagainya.


e.   Layanan pelanggaN

•     Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggan dan konsumen, Salon akan menyelenggarakan pemasaran internal melalui proses rekrutmen, pelatihan, dan motivasi para karyawannya. Hal ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada karyawan mengenai peranan mereka pada kepuasan konsumen. Hal ini menjadi salah satu poin strategis bagi Salon dibandingkan dengan para pesaingnya.
•     Selain itu, karyawan juga akan diberikan pelatihan mengenai product knowledge yang ada digunakan di perusahaan. Dengan demikian, mereka dapat berfungsi sebagaimessenger bagi para konsumen dan pelanggan perusahaan.


f.    Desain Gerai

•     Salon akan dirancang dengan konsep cozy dan eksklusif. Suasana yang dimunculkan adalah salon setaraf salon ternama, simpel modernis, bersih, bergaya, dan menyenangkan. Perusahaan akan bekerja sama dengan arsitek desain interior yang handal dan terkemuka untuk merancang konsep tersebut di atas.


g.   Pasokan barang dagangan

•     Bahan baku untuk salon
•     Kudapan penunjang

h.   Operasi Gerai

•     Salon akan dioperasikan oleh satu manajer salon yang akan bekerja penuh waktu dan lima sampai 5-6 orang pegawai pendukung yang bekerja paru waktu.
•     Jam operasi salon adalah pkl. 09.00-23.00, setiap hari Senin-Minggu.




 PELANGGAN

•     Pasar sasaran Beauty Salon adalah wanita dan remaja. Salon akan berlokasi di tempat yang mudah dijangkau oleh kalangan mahasiswa dan pegawai kantoran.
•     Perusahaan berharap tingkat pengunjung yang datang kembali tinggi.
.



Resiko salon
      Dalam berbisni salon atau usaha calon, kita haruz mengetahui berbagai macam kehandalan dalam mengoperasikan kegiatan salon, resiko nya seperti :
1.   Salah memotong gaya rambut konsumen
2.   Salah memakai produk
3.   Produk jangan dipakai jika sudah abis masa
4.   Harus tahan terhadap bauk rambut pasien

Untuk mengatasi hal tersebut dengan cara
1.   Memotong rambut konsumen dengan teliti
2.   Teliti dengan produk yang ingin di pakai
3.   Produk tersebut masi aktif (belum habis masa)
4.   Memberikan pelayanan yang baik
5.   Mengerti keluhan konsumen
6.   Dan mudah bersenyum terhadap konsumen




PENUTUP
Dari proposal yang sudah saya buat, saya berharap usaha yang akan saya jalankan nantinya dapat bermanfaat dan berkembang di kemudian hari. Serta dapat membuka peluang kerja untuk orang lain.




0 Response to "PROPOSAL BISNIS USAHA SALON"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...