proposal bisnis es campur
PROPOSAL ES CAMPUR
A. ALASAN UMUM
Dalam rangkaian ujian akhir pendidikan di SMKN 49 JAKARTA tahun ajaran 2011/2012. Seluruh siswa wajib mengikuti uji kompetensi sebagai siswa mempunyai keahlian yang akan dilaksanakan di SMKN 49 JAKARTA. Saya membuat usaha dalam penjualan minuman, yaitu minuman ES CAMPUR TING – TING.
B. LATAR BELAKANG
a. ALASAN KHUSUS
Agar dapat melatih kemampuan saya dalam berwirausaha, seuai dengan program jurusan saya yaitu pemasaran. Untuk itu, saya melakukan penjualan minuman ES CAMPUR TING – TING. Tempat yang pertama kali saya pilih adalah di SMKN 49 JAKARTA.
b. TUJUAN USAHA
- Adapun maksud membuat usaha ini dengan tujuan :
- Mendapatkan pengalaman
- Mengembangkan jiwa wira usaha
- Memberikan kepuasan terhadap pelanggan
C. ASPEK PEMASARAN DAN STRATEGI PEMASARAN
1) Aspek Pasar
1.1 Lokasi
Saya akan membuka usaha di SMKN 49 JAKARTA
1.2 Potensi Pasar
Karena sasaran saya adalah para siswa-siswi, guru-guru, serta karyawan. Saya yakin potensi pasar dari penjualan ES CAMPUR TING – TING adalah cukup besar, karena lokasi yang sangat strategi untuk membuka suatu usaha.
1.3 Tingkat Persaingan
Tingkat persaingan yang akan saya hadapi tidak terlalu tinggi, namun saya menyadari akan persaingan dari produk alternative tersebut. Tapi, saya yakin dapat menghadapi itu semua, karena ES CAMPUR TING-TING ini memilih ciri khas tersendiri yang dapat menarik konsumen.
1.4 Peluang Pasar
Peluang pasar penjualan ES CAMPUR TING-TING cukup besar, karena selain tingkat persaingan yang tidak terlalu tinggi. ES CAMPUR TING-TING yang akan saya jual memiliki kelebihan sesuai dengan keinginan konsumen.
2) Strategi Pemasaran
Strategi dari penjualan ES CAMPUR TING-TING adalah dengan menggunakan Marketing Mix yaitu 4 P + 1 S.
2.1 Produk (Product)
Produk yang sya tawarkan kepada konsumen adalah ES CAMPUR TING-TING.
2.2 Harga (Place)
Saya memilih untuk menjual ES CAMPUR TING-TING saya dengan harga Rp 5.000. Tujuannya untuk dapat menarik minat konsumen, karena penjualan masih tahap perkenalan.
2.3 Tempat atau Lokasi (Place)
Tempat atau lokasi saya pilih adalah di SMKN 49 JAKARTA.
2.4 Promosi (Promotion)
Promosi penjualan ES CAMPUR TING-TING yang saya lakukan untuk dapat menarik minat konsumen terhadap ES CAMPUR TING-TING yang akan saya jual adalah:
- Mencetak dan membagikan brosur dengan tampilan yang menarik konsumen.
- Menyediakan sample dari ES CAMPUR TING –TING yang saya jual.
2.5 Pelayanan (Service)
Saya akan melayani konsumen dengan pelayanan prima dan sebaik mungkin yaitu dengan cara menerapkan konsep A3 (Attitude, Attention, Action) dan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) karena konsep tersebut merupakan strategi pemasaran yang paling baik untuk melayani konsumen, agar konsumen merasa puas dan tidak kecewa
IV. ANALISIS SWOT
Dalam melakukan usaha untuk mencapai hasil maksimal, dengan cara saya melakukan analisis SWOT agar mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman dari ES CAMPUR TING-TING saya, yaitu:
STRENGHT : Kekuatan
Kekuatan dari produk yang saya jual adalah:
· Harganya relative murah
· Bahan baku mudah diperoleh
· Mempunyai cita rasa yang khas dan unik
WEAKNESS : Kelemahan
Kelemahan dari produk yang saya jual adalah:
· Bahan baku tidak tahan lama (mudah basi)
· Produknya mudah ditiru
· Selera konsumen yang selalu berubah
OPPORTUNITY : Peluang
Peluang dari produk yang saya jual adalah:
· Tempatnya strategi dan nyaman
· Konsumennya cukup banyak
· Bahan baku yang mudah didapat
THREAMENT : Ancaman
Ancaman dari produk saya jual adalah:
· Munculnya pesaing baru
· Adanya variasi minuman yang lain
V. ASPEK FINANSIAL
Modal Kerja
Rp 261.000 : 100 porsi = Rp 2.610
Biaya Operasional
Ø Biaya Administrasi Rp 10.000
Ø Promosi Rp 15.000
Ø Tenaga Kerja Rp 30.000
Ø Transportasi Rp 10.000 +
Total Biaya Rp 65.000
VI. PROYEKSI OMSET
Ø Prediksi Laba
· Omset Penjualan Rp 500.000
· HP. Produksi Rp 261.000 –
· Laba Kotor Rp 239.000
Biaya Operasional :
· Biaya Administrasi Rp 10.000
· Promosi Rp 15.000
· Tenaga Kerja Rp 30.000
· Transportasi Rp 10.000 –
Rp. 65.000 –
· Laba Bersih Rp. 174.000
Ø Persentase Laba
Laba Bersih x 100% = Rp 174.000 x 100% = 34,8%
Pendapatan Rp 500.000
VII. BREAK EVENT POINT (BEP)
Harga Pokok + BOP = Rp 261.000 + Rp 65.000 = Rp 326.000 = 65,2 = 66 porsi
Harga Satuan Rp 5.000 Rp 5.000
Dalam Persen (%) :
Harga Pokok + Biaya Operasional x 100% = 65,2 %
Harga Satuan
Dalam Rupiah:
66 porsi x Rp 5.000 = Rp 330.000
VIII. TARGET PENJUALAN
Dalam menjalankan kegiatan usaha, pasti semua orang memiliki target dalam penjualan. Dan saya pun memiliki target penjualan dalam kegiatan ini yaitu sebesat 85% (porsi ke 85 dalam nominal Rp 425.000) karena pada tingkat penjualan tersebut sudah diatas Break Event Point (BEP).
IX. KESIMPULAN
Harapan saya untuk produk ES CAMPUR TING-TING ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Disamping itu, saya mengharapkan supaya produk minuman ini tidak berkurang karena ES CAMPUR TING-TING ini sangat bagus dan berkualitas.
terima kasih semoga bermanfaat
0 Response to "proposal bisnis es campur"
Post a Comment