BISNIS MIE GORENG

Proposal usaha bisnis mie goreng

0

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Seperti yang kita ketahui bahwa makan adalah kebutuhan pokok bagi masnusia, tanpa makan manusia akan terhabat  melaksanakann  kegistan sehari-harinya. Berbagai makanan terhidang di bumi ini, dari yang fast food hingga makanan yang memerlukan waktu yang lama dalam proses memasaknya. Dan salahsatu makanan yang ada di dunia ini adalah mie goreng. Siapa yang tek kenal mie goreng, sesuai dengan perkembanganya mie goreng pun mengalami penambahan variasi menu seperti mie goreng telor, mie goreng bakso hingga mie goreng sosis.
            Asal mie goreng sendiri adalah dari Chov Mein, mie china, dan dipercaya dibawa oleh para pendatang china ke Indonesia, Malaysia dan Singapura. Mie goreng juga mirip dengan yakisoba dari Jepang. Sebagai contoh mie goreng membutuhkan kecap manis sebagai bahan penting. Unutk menyesuaikan dengan masyarakat Indonesia yang kebanyakan muslim, mie goreng biasanya tidak menggunakan daging babi. Biasanya mie goreng menggunakan daging ayam.
            Dari deskripsi di atas akhirnya saya memutuskan bahwa saya akan memulai usaha mie goreng. Dari mie goreng tersebut nantinya akan variasikan dengan bakso, telor dan daging ayam. Walaupun banyak pedagang pedagang mie goreng sekarang menjamur di pinggir pinggir jalan, namun diharapkan dengan adanya variasi variasi dari mie goreng ini konsumen akan tertarik mengkonsumsinya. Saya juga menamai usaha ini dengan nama mie goreng “niki eco” sebagai indikasi bahwa mie goreng yang akan saya produksi enak dan lezat sesuai arti dari “niki eco” yaitu “niki yang berarti ini” dan “eco yang artinya lezat”.

B.  Tujuan
Ø Menciptakan usaha kuliner yang inovatif di kota Tegal.
Ø Memberikan kemudahan dalam melayani kebutuhan pokok.
Ø Menciptakan lapangan pekerjaan.
Ø Membangun semangat berwirausaha untuk siswa.
Ø Membangun kemandirian siswa dalam menghadapi tantangan global.
Ø Menciptakan ekonomi yang mandiri.
C. Pemasaran
a.      Konsumen
            Mie goreng disukai oleh semua kalangan dan usia, dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.
b.      Target Pasar
            Berdasarkan pengamatan pasar (market observation) yang dilakukan, mie goreng adalah makananan yang sangat digemari oleh semua kalangan masyarakat, baik anak-anak maupun dewasa. Pemasaran akan dilakukan di sekitar Kota Tegal.
c.       Promosi
Promosi usaha mie goreng, antara lain dengan memasang spanduk atau papan nama di tempat usaha. Menyediakan lampu dengan peneranagan yang cukup saat berjualan pad malam kejauhan.
D. Permodalan
a.      Investasi
Selama proses produksi, peralatan yang dibutuh kan diantaranya:
-    Gerobak                                   : Rp.  1.200.000
-    Kompor gas + tabug                : Rp.     200.000
-     Wajan                                      : Rp.      50.000
-     Susuk + serok                         : Rp.       10.000
-    Meja + kursi                             : Rp.     200.000
-    Piring + gelas                           : Rp.      65.000                                  
-    Sendok + garpu                       : RP.       30.000
-    Tempat sendok + garpu           : RP.       10.000
-    Tempat bumbu                         : Rp.       20.000
-    Tempat air                                : Rp.       10.000
-    Tempat tisu                              : Rp.       10.000
-    Lap                                           : Rp.      10.000
-    Pisau                                        : Rp.        5.000      +
Jumlah biaya investasi                     Rp. 1.810.000,00
b.      Modal Kerja
Bahan Baku
- 40 bks mie                                         : Rp. 80.000   
- 5 kg telur ayam                                 : Rp. 55.000
- 1 kg daging ayam                             : Rp. 20.000
- 8 bks bakso                                       : Rp   20.000
- Kecap                                                : Rp.   9.000   
- cesim + kol                                        : Rp. 10.000
- timun + wortel                                  : Rp.  10.000
- bawang merah+bawang putih           :Rp. 10.000
- kemiri+ garam + vetsin                     : Rp.  10.000
- cabai + merica                                   : Rp.  10.000
-1 kg minyak sayur                              : Rp.  11.000
- krupuk                                               : Rp.   5.000  +
Jumlah biaya bahan baku                    : Rp. 300.000,00
Biaya Gaji Pegawai                             : Rp.  20.000,00
Biaya Operasional Lainnya                 : Rp.  20.000,00   +
Jumlah Modal Kerja                            : Rp. 340.000,00

Jadi, untuk memproduksi 80 porsi mie goreng/ hari dibutuhkan modal kerja sebesar Rp. 340.000,00.

c. Sumber Modal
              Untuk memenuhi kebutuhan atas investasi dan modal kerja yang digunakan dengan menggunakan modal sendiri tanpa meminjam dari pihak lain, dengan rincian sebagai berikut:

Modal Pribadi       :           Rp. 2.200.000,00

Dengan penggunaan modal sebagai berikut :
-    Total Modal        : Rp.  2.200.000,00
-    Investasi              : (Rp.  1.810.000,00)
-    Modal Kerja       : (Rp.     340.000,00)
Saldo / Kas            : Rp.    50.000,00

E. Produksi
a.   Proses Produksi
·      Didihkan air, masukkan mie, masak selama 3 menit hingga lunak, angkat, dan tiriskan.
·      Panaskan minyak sayur, lalu masukkan bawang merah, bawang putih dan kemiri yang telah dihaluskan, tumis hingga harum dan layu.
·      Masukkan telur, aduk rata, kemudian masukkan ayam dan bakso, aduk rata pula hingga berubah warna, lalu masukkan merica bubuk, sawi, kol dan cabai , aduk rata, masak selama 2 menit.
·      Masukkan mie tadi, auk rata, lalu tambahkan kecap, aduk rata hingga matang.
·      Angkat, tiriskan tambahkan timun dan wortel yang telah dipotong-potong, kemudian taburi bawang goreng dam krupuk di atasnya.
c.       Biaya Produksi
Biaya produksi, terdiri dari biaya tetap (fixed cost) dan biaya tidak tetap (variablel cost) dengan rincian sebagai berikut:


Biaya Tetap ( Fixed Cost / FC)
Biaya Perawatan Peralatan                 : Rp. 20.000,00
Total FC                                              Rp. 20.000.00

Biaya Variabel ( Variabel Cost / VC)
Bahan Baku
Untuk memproduksi 80 porsi mie gorent / hari, dibutuhkan:
-          40 bks mie                                        : Rp. 80.000   
-          5 kg telur ayam                                 : Rp. 55.000
-          1 kg daging ayam                             : Rp. 20.000
-          8 bks bakso                                       : Rp  20.000
-          Kecap                                               : Rp.  9.000    
-          cesim + kol                                       : Rp. 10.000
-          timun + wortel                                  : Rp. 10.000
-          bawang merah+bawang putih          : Rp. 10.000
-          kemiri+ garam + vetsin                     : Rp. 10.000
-          cabai + merica                                  : Rp. 10.000
-          1 kg minyak sayur                            : Rp. 11.000
-          krupuk                                              : Rp.   5.000 +
Jumlah biaya bahan baku                       : Rp. 300.000,00
Biaya Gaji Pegawai                               : Rp.  20.000,00
Biaya Operasional Lainnya                    : Rp.  20.000,00 +
Jumlah Biaya Variabel                           : Rp. 340.000,00 +
Total Cost (FC+ VC)                                Rp. 360.000,00
  
c.       Penetapan Harga Jual
1 hari memproduksi                                        =          80 porsi mie goreng
Taksiran Penjualan 90% x 80                        =            72 porsi / hari
Harga Jual                                                       =          Rp. 7.000,00


              P > AVC
              AVC  = VC = Rp. 340.000 = Rp. 4.800,00 
                        Q              72
Taksiran Pendapatan Rp. 7.000 x 72 =          Rp. 504.000,00

d.      Break Even Point (BEP)
BEP setiap hari
- TR                             =          TC
               P.Q               =          FC + VC
              7.000 Q          =          20.000 + 340.000
              7.000 Q          =          360.000
              Q                     =         52 porsi
-TR      =          TC
P.Q                  =          FC + VC
P.72                 =          20.0000 + 340.000
72 P                 =          360.000
P                      = Rp. 5000,00
            Jadi, untuk mencapai BEP tiap hari, harus menjual 52 porsi dengan harga Rp. 7.000 / porsi atau harus menjual Rp. 5.000 / porsi jika memperoleh 72 porsi.
e.      BEP Modal Usaha
Total Modal (Peralatan + Modal kerja)                          Pendapatan tiap hari
Rp. 1.810.000 + Rp. 360.000 = Rp 2.170.000              Rp. 504.000
BEP =                                                                                     Total Modal
            Pendapatan setiap hari
BEP =             Rp. 2.170.000  = 5 hari
                                    Rp. 504.000
            Jadi, untuk mencapai BEP modal usaha, harus memproduksi mie goreng selama 5 hari

F. Laba – Rugi
Q = 72 porsi
P = Rp.      7.000,00
FC = Rp.   20.000,00
VC = Rp. 340.000,00
            TC       =         FC       +          VC
                        =     20.000      +         340.000
                         =         Rp. 360.000,00
            TR       =          P          x          Q
                        =          7.000   x          72
                         =         Rp. 504.000,00
            Laba    =          TR       -           TC
                         =     504.000     -     360.000
                        = Rp. 144.000,00
           
            Jadi, laba yang diperoleh dari usaha dagang mie goreng ini adalah Rp. 144.000,00 per hari.
*Ket :
P = harga                                 TC = total biaya
Q = jumlah barang                  FC = biaya tetap
TR = total penerimaan                        VC = biaya variabel

G.  Penutup
a.   Kesimpulan
Berdasarkan keseluruhan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pengembangan usaha dagang mie goreng ini sangat profitable, dan dapat memanfaatkan peluang pasar seoptimal mungkin.

b. Saran
Kelebihan
 Menu mie goreng, biasa dicari orang yang lapar dan malas memasak pada sore hari hingga malam hari. Selain itu, cocok juga dimakan saat cuaca dingin, membuat hangat badan, karena dimasak pada waktu itu juga. Oleh karena itulah mie goreng ini banyak dicari orang.

Kekurangan
Kebosanan pengunjung terhadap makanan ini dianggap sebagai kekurangan dari usaha ini karena tidak adanya variasi yang terbilang cukup menarik para konsumen selain adanya persaingan yang ketat dari sesama penjual mie goreng.

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG KAMI SEMOGA BERMANFAAT


0 Response to "BISNIS MIE GORENG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...