PROPOSAL USAHA BISNIS KENTANG GORENG

PROPOSAL USAHA BISNIS KENTANG

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Indonesia merupakan negara yang memiliki kesuburan tanah yang sangat tinggi. Hal ini nampak pada hasil tanaman umbi-umbian, salah satunya yaitu kentang. Tanaman ini mempunyai kadar karbohidrat yang tinggi dan pada umumnya tahan terhadap suhu tinggi.
Kentang (Solanum tuberosum) tergolong bahan makanan yang kaya nutrisi dan semakin meningkat kebutuhannya. Beberapa manfaat tanaman kentang antara lain: sebagai bahan diversifikasi pangan non beras yang bernilai gizi tinggi, tanaman cepat menghasilkan (cash crop) bagi petani, komoditas ekspor non-migas, bahan dasar industri pangan dan tekstil, serta bahan makanan fast-food yang menjamur di kota-kota besar.
Saat ini potensi di sekitar pertanian menjadi salah satu aspek yang harus diprioritaskan dan menjadi peluang usaha yang bagus bagi pembangunan nasional. Misalnya dengan mengolah umbi-umbian  menjadi berbagai macam makanan ringan maupun berat yang mempunyai rasa khas dan tahan lama untuk disimpan. Bentuk olahan tersebut bisa berupa tepung, gaplek, tapai, keripik dan lainnya.
Makanan ringan atau snack telah berkembang dengan pesat baik jenisnya, cita rasa maupun kemasannya. Salah satu jenis makanan ringan yang cukup berhasil di pasaran adalah keripik. Produk makanan ringan dalam perkembangannya dapat diproduksi dari berbagai macam bahan baku diantaranya makanan ringan berbahan baku kentang.
Keripik merupakan salah satu makanan ringan favorit yang pastinya disukai oleh banyak orang. Selain enak, pembuatan keripik ini tergolong mudah, sehingga banyak orang yang menyukainya bahkan menjadikannya peluang bisnis yang memiliki omset penjualan cukup tinggi. Pembuatan keripik saat ini masih terbatas pada usaha kecil atau industri rumah tangga dengan ditujukan untuk pasaran lokal. Pada umumnya dipasarkan melalui pedagang perantara, warung, toko-toko kecil, penjajah jalanan serta pasar swalayan dengan pengemasan dan cara pengemasan bervariasi tergantung pada sasaran yang dituju. Dengan makin baiknya pengolahan dan pengemasan sehingga diperoleh keripik singkong yang bermutu dan terjaga kebersihan, diharapkan pemasaran produk ini dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.


BAB II
RENCANA BISNIS

A.    Deskripsi Usaha
                 Usaha ini saya dirikan karena melihat adanya sebuah peluang usaha yang sangat besar. Selain itu keripik kentang ini sangat diminati oleh berbagai kalangan dari mulai anak – anak sampai orang dewasa karena digunakan sebagai makanan cemilan. Pengelolaan terhadap usaha ini sudah terbilang mudah dan cepat diterima masyarakat.
                 Saya berharap dari usaha saya ini nantinya dapat berkembang dan bisa mencukupi kebutuhan hidup serta memberikan laba yang cukup besar. Keripik kentang ini saya buat bebas dari bahan pengawet dan rasanya gurih, enak, pedas.
1. Produk
     Produk yang dihasilkan berbentuk keripik yang memiliki ukuran seragam terbuat dari olahan kentang yang diberi bumbu-bumbu serta berbagai macam penunjangnya.
     Bahan – bahan pembuatan keripik kentang pedas manis :
1) Kentang
2) Minyak goreng
     3) Garam
     4) Gula
5) Sambal ABC
Alat – alat :
1) Penggorengan (wajan)
2) Kompor atau tungku
3) Baskom
4) Pisau
5) Sendok
2. Tempat
Tempat produksi dilaksanakan di rumah Lokasi ini dipilih karena lokasinya dekat dengan sarana transportasi, area pemasaran dan pasar sebagai tempat pembelian bahan baku.
3. Proses Produksi
Cara membuat keripik kentang ini yaitu :
1.    Kentang dikupas terlebih dahulu lalu dicuci hingga bersih
2.    Kentang diiris dengan menggunakan slicer (pengiris kentang) lalu direndam dalam air kapur sirih agar kentang keras dan hasilnya lebih renyah. Dapat ditambahkan garam juga pada air rendaman agar lebih gurih.
3.    Goreng kentang hingga matang dan kering, lalu tiriskan. Minyak yang digunakan dalam menggoreng harus merupakan minyak yang baru agar keripik kentang lebih renyah.
4.    Tumis sambal masak ABC sampai harum dengan dicampur sedikit garam dan bawang putih. Lalu masukkan  gula, masak hingga gula meleleh dan merata.
5.    Masukkan kentang, campurkan hingga merata dan angkat
6.    Simpan dalam wadah kedap udara.

B.     Aspek Pemasaran
                 Kegiatan pemasaran mempunyai peran sangat penting dalam kelancaran suatu usaha. Lancar tidaknya usaha ini selain dilihat dari kualitas produk, juga tergantung dari bagaimana cara kita sebagai produsen memasarkannya dengan strategi yang baik. Dalam usaha ini kami melakukan dua cara pemasaran, yaitu pemasaran langsung dan pemasaran tidak langsung.
                 Kegiatan pemasaran langsung, yaitu memasarkan produk secara langsung kepada konsumen tanpa perantara lain. Cara ini dilakukan pada usaha dengan kapasitas yang kecil atau secara skala rumah tangga. Keuntungan memperoleh laba dalam menggunakan jalur pemasaran ini lebih besar daripada pemasaran tidak langsung karena tidak memberikan jasa kepada pengecer atau distributor.
                 Kegiatan pemasaran tidak langsung, yaitu memasarkan produk melalui pengecer. Cara ini dilakukan dengan dua strategi pemasaran, pertama memasarankan di tempat-tempat yang stategis, seperti: di tempat-tempat wisata. Kedua,  memasarkan dengan cara menitipkan produk ke tempat mini market.Harga di pasaran sebesar Rp 30.000 per 250 gram.

C.    Strategi Pengembangan Usaha
Ada beberapa strategi untuk pengembangan usaha yang akan dilaksanakan, yaitu:
a.  Promosi yang menarik dan berkesinambungan.
b. Menciptakan keripik kentang dengan bentuk yang menarik tidak sekedar bulat, seperti bentuk segitiga, persegi dll.
c. Menjual di beberapa tempat yang ramai, seperti tempat wisata, wilayah kampus, wilayah sekolah, dan supermarket.


BAB III
ANALISIS SWOT

A.    Kekuatan (Strength)
a.       a.Harga Terjangkau
b.      b.Kualitas Terjamin
c.       Bahan baku yang mudah didapat
d.      Tidak menggunakan bahan pengawet
e.       Proses produksinya mudah sehingga tidak mebutuhkan banyak waktu dan tenaga
B.     Kelemahan (Weakness)
a.         Rasa dan bentuk keripik yang seragam
b.        Management tradisional
c.         Sarana dan prasarana sederhana
C.    Peluang (Opportunity)
a.      Pasar yang masih luas
b.      Bahan baku yang mudah didapat
D.    Ancaman (Threath)
a.       Munculnya variasi makanan jajanan
b.      Munculnya pesaing baru
c.       Sumberdaya manusia yang masih rendah pendidikan














BAB VI
ANALISIS BIAYA


Rincian biaya-biaya yang di keluarkan dalam pengolahan keripik kentang pedas manis untuk 1 (satu) bulan adalah :
                     Minyak Goreng 15 ltr                                         Rp   195.000,00  
                     Garam halus 10 bks @1.000                               Rp     10.000,00
                       Gula 3 kg @14.000                                            Rp     50.000,00
                     Sambal ABC 15 botol@ Rp 30.000                     Rp   450.000,00      
                  Minyak tanah30 liter@Rp 1500/liter                       Rp     60.000,00
 
                                     Jumlah biaya bahan baku               Rp   915.000,00    
        
B.     Biaya Peralatan
                  Baskom 3 @ 10.000                                              Rp     30.000,00
                  Pisau 3 @ 10.000                                                   Rp     30.000,00
                     Alat Pengiris Kentang 3@ 500.000                       Rp 1.500.000,00
                     Wajan 2 @150.000                                                Rp    300.000,00
                  Kompor 2 @ 300.000                                             Rp    600.000,00
                  Sutel (sendok penggoreng) 2 @ 25.000                Rp      50.000,00
                     Sendok Peniris Minyak 2@Rp 20.000              Rp       40.000,00
                  Timbangan                                                             Rp    150.000,00
                
                            Jumlah biaya peralatan                            Rp  2.700.000,00  

C.     Biaya Penyusutan Peralatan
       BPP = Jumlah Biaya Peralatan / Umur Ekonomis
                =  Rp  2.700.000 : 12 bulan
              = Rp 225.000,00 (dalam 1 tahun)
  Biaya penyusutan peralatan perbulannya :
Rp 225.000 : 12 = Rp 18.750
D.    Biaya Pengeluaran per Bulan
                  Biaya transportasi dan pemasaran                  Rp    150.000,00
                  Biaya tenaga kerja 2 org @1.000.000            Rp  2.000.000,00 
                                 
                  Jumlah pengeluaran per bulan                  Rp  2.150.000,00

I.     Perhitungan Penerimaan
1.      Produksi
Keripik kentang yang diproduksi adalah 200 bungkus dalam 1 (satu) bulan dengan berat keripik per bungkus ialah 250 gram. Harga per unit produksi ialah Rp 30.000.

2.      Penerimaan
Penerimaan  = Produksi x Harga per unit produksi
                            =    200   x  Rp 30.000
                            = Rp 6.000.000
II.  Biaya Produksi
Berikut jumlah rincian biaya produksi keripik kentang untuk menghasilkan 200 bungkus:
Biaya bahan baku                                                 Rp     915.000,00
Biaya peralatan                                                     Rp  2.700.000,00
Biaya gaji                                                              Rp  2.000.000,00
Biaya transportasi dan pemasaran                        Rp     150.000,00
Biaya Penyusutan Peralatan per bulan                     Rp      18.750,00
       Jumlah                                                           Rp  4.868.750,00
III.   Keuntungan ( Pendapatan )
       Keuntungan  = Penerimaan – Biaya Produksi
                             =  Rp 6.000.000 – Rp 4.868.750
                             =  Rp 1.131.250,00

Dari hasil analisis biaya diatas maka keuntungan yang didapatkan untuk memproduksi keripik kentang dlaam periode produksi 1 bulan adalah Rp 1.131.250,00.




BAB V
PENUTUP

A.    Kesimpulan
            Keyakinan dan harapan saya sebagai pengusaha keripik kentang adalah ingin usaha ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang saya harapkan dan juga dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat luas. Selain itu juga saya berharap agar usaha saya ini mendapatkan perhatian dari pemerintah agar setiap kendala yang dihadapi oleh usaha ini dapat ditanggulangi sehingga kedepannya usaha ini dapat berkembang menjadi lebih baik lagi dan dapat bersaing dengan inndustri – industri terkemuka yang ada.

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT BAGI YANG MEMBACA NYA



1 Response to "PROPOSAL USAHA BISNIS KENTANG GORENG"

  1. saya khawatir ketika saya akan membeli rumah saya dengan nilai kredit buruk saya. saya ditolak pinjaman dari bank saya dan tidak bisa mendapatkannya. Saya menjelaskan kepada seorang teman, dia kemudian memperkenalkan saya kepada pria terhebat sepanjang masa pedro jerome. saya menjelaskan masalah saya kepadanya dengan mengirim teks ke suratnya dan dia membantu saya menyelesaikan semuanya dalam waktu 3 hari kerja. dia memberi saya pinjaman 400,000.00 euro untuk membayar rumah saya di mana saya juga digunakan untuk mengembangkan bisnis saya juga. semoga Tuhan memberkatinya! Anda dapat mengajukan pinjaman cepat dari mr pedro jerome yang bekerja dengan sekelompok investor .. dia penyihir yang dibicarakan semua orang di seluruh internet .. hubungi dia melalui surat di mr pedro pedroloanss@gmail.com. nomor whatsapp: +18632310632.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...