PROPOSAL RENCANA USAHA KERIPIK TALAS


PROPOSAL RENCANA USAHA
KERIPIK TALAS


Kata Pengantar

Alhamdulillah segala puji kita panjatkan kepada Tuhan atas nikmat yang tak terhingga. Kami telah berusaha dengan kemampuan, tenaga, waktu, dan pikiran guna menghasilkan karya tulis ini dalam rangka meningkatkan daya serap atau pemahaman mata kuliah pengantar ilmu ekonomi. Tujuannya  agar saya lebih mengutamakan konsep ilmu yang diberikan karena hal tersebut merupakan masalah utama dalam proses belajar.
Berbagai informasi dan referensi telah kami baca guna menunjang penulisan proposal rencana usaha yang lebih mendalam bagi mahasiswa.
Semoga proposal sederhana ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca yang ingin terus mendalami bidang keilmuannya. Kami senantiasa menanti saran dan masukan demi perbaikan di masa mendatang. Selamat belajar semoga Tuhan meridhoi kita semua. Amin                                                                                                                                        

                                                                                        Bandung,




Daftar Isi

Kata Pengantar ..................................................................................................i
Daftar Isi .............................................................................................................ii
Bab I  Pendahuluan ...........................................................................................1
       1.1  Latar Belakang Masalah ........................................................................1
       1.2  Tujuan Penyusunan Proposl ..................................................................2
       1.3  Manfaat Proposal ...................................................................................3
Bab II Pembahasan ...........................................................................................4
2.1  Analisis Peluang Usaha..........................................................................4
2.2  Marketing Mix (Bauran Pemasaran)......................................................4
2.1  Analisis SWOT .....................................................................................5
2.2 Pembuatan kripik sukun .........................................................................6
 2.3  perencanaan usah..................................................................................6
Bab III Kesimpulan ...............................................................................................8





Bab I
Pendahuluan

1.1  Latar Belakang Masalah
       Di zaman  moderng ini kita memasuki era globalisasi yang menawarkan banyak  hal-hal yang instan, tidak terkecuali makanan. Proses yang instan inilah yang cenderung menurunkan kualitas makanan. Meski begitu menjamurnya makanan-makanan instan menyebabkan beberapa makanan tradisional sering terabaikan dan menurun jumlahnya di pasaran. Pada gilirannya hal tersebut menyebabkan para pembuat makanan tradisional merugi.
         Ketatnya persaingan di pasar makanan tidak menyurutkan langkah kami guna  mencoba memproduksi suatu makanan tradisional yang tidak kalah menarik dengan makanan instan. Tentunya dengan harapan mampu bersaing dalam pasar makanan. Produk tersebut adalah “keripik sukun”.
       Jenis usaha yang akan kami jalankan ini akan kami modifikasi dari segi bentuk maupun rasa sehingga mampu menghasilkan makanan yang berkualitas dan menarik. Adapun produk makanan ini kami beri nama “KERIPIK SUKUN KRES”.

1.2  Tujuan Proposal
Tujuan dari pembuatan proposal pendirian usaha ini adalah:
  1. Sebagai syarat untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah kewirausahaan
  2. Sebagai inisiatif wirusaha sebagai pemilik usaha dlm membuka usaha
  3. Untuk melatih mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik.
  4. Untuk menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha

1.3  Manfaat Proposal
Manfaat dari pembuatan proposal pendirian usaha ini adalah :
  1. Dapat membantu wirausaha untuk mengembang kan usaha dan menguji strategi dan hasil yang di harap kan dari sudut pandang pihak lain (investor)
  2. Membantu wirausaha untuk berfikir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang akan dijalankan
  3. Membantu meningkat kan keberhasilan para wirausaha.


 Bab II
Pembahasan

2.1  Analisis Peluang Usaha
Semua proses produksi telah dilakukan, dari mulai pemilihan sukun yang baik sampai kepada packing, kemudian yang akan kami lakukan yaitu mencari peluang usaha. Dalam memulai usaha apapun, maka yang harus diketahui adalah peluang pasar yang dapat menerima produk kami ini. Peluang usaha sudah merupakan kunci penting dalam proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan dengan lancar apabila sudah mendapatkan peluang usaha yang kita inginkan.
Sistem pemasaran kami akan mampu menganalisis keunggulan dan kelemahan pesaing kami dan sejauh mana kemampuan kami untuk bersaing dengan mereka dalam segala aspek, baik itu dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas yang kami berikan kepada para konsumen. Kami akan mensurvei dan meneliti pesaing-pesaing kami bagaimana caranya membuat keripik sukun ini agar berbeda dengan keripik lainnya yang sudah beredar di pasaran. Bukan hanya rasanya saja yang berbeda namun kami akan membuat keripik sukun ini berbeda dari segi packing, dan cara pemasarannya juga, yang pasti akan lebih unik dari pada yang lainnya, dengan seperti itu para konsumen tidak akan mengalami yang namanya kejenuhan dalam mengonsumsi makanan ini.
   Kami akan menjual keripik sukun ini di tempat yang cukup ramai, yang banyak dikenal dan dilalui banyak orang, dengan seperti itu maka keripik kami ini akan lebih cepat dikenal banyak lapisan masyarakat.


    
2.2  Marketing Mix (Bauran Pemasaran)
Dilihat dari promosi makanan yang cepat laku adalah pada tempt ramai seperti pasar, sekolah, kampus, kantor, itu adalah tempat yang paling strategis untuk mempromosikan barang dagangan. Berikut ini ada beberapa cara promosi makanan yang akan kami lakukan :
1.      Pertama adalah lewat brosur, plakat, atau spanduk. Cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan makanan yang kami jual, biasanya makanan sampai dikonsumen melalui pesan antar atau sering disebut delivery.
2.      Direct selling. Melalui penjualan langsung, cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan yang dijual.
3.      Melalui internet cara ini semoga saja efektif walau tak semua orang memakai internet.  Tapi cara ini cukup memberikan informasi yang lebih kepada orang karena saat ini orang banyak membuka internet seperti facebook, twitter, yahoo, BBM, dan lain-lain, tak ada salahnya bila dicoba.
4.      Melalui iklan radio, cara ini cukup lumayan walau tak ada gambar visual yang dapat terlihat tapi setidaknya pesannya dapat tersampaikan kepada masyarakat.


2.3  Analisis  SWOT :                    
1.      Kekuatan :
·         Harga kripik sukun ini cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat
·         Kualitas dari kripik sukun ini sangat terjamin, karena dalam proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan sesuai standar kesehatan
·         Rasa yang bervariasi memancing minat pembeli
·         Keripik sukun dapat menjadi salah satu alternatif makanan ringan yang praktis dan hemat
2.      Kelemahan :
·         Talas masih dipandang sebelah mata dan tidak banyak orang yang mengenal, sehingga diperlukan promosi yang masif
·         Minimnya modal untuk tenaga kerja sehingga bahan yang diproduksi kurang banyak
·         Bahan baku kripik sukun yang mudah rusak
·         Kripik sukun akan mudah rusak jika penyimpanan yang dilakukan sembarangan atau di tumpuk


3.      Peluang :
·         Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah kami untuk memasarkan produk
·         Permintaan pasar yang semakin meningkat, Banyak diminati setiap orang dari mulai anak-anak, dewasa maupun orang tua
4.      Tantangan :
·         Jumlah kompetitor yang terus meningkat
·         Munculnya produk baru yang lebih ungggul
·         Kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas.



2.4 Cara Pembuatan Keripik Sukun

Langkah-langkah dalam pembuatan kripik sukun:
·         Sukun yang dipilih usahakan berukuran besar untuk mempermudah proses pembuatan dan hasil bisa lebih bagus
·         Kupas sukun tersebut dari kulit hingga bersih, dan setelah bersih dari kulit cuci dengan air bersih
·         Iris tipis-tipis sukun yang telah bersih tersebut,bisa juga menggunakan alat bantu pemotong kripik agar hasil potongannya lebih bagus dan rapih
·         Rendam irisan talas ke dalam air yang sudah di campur kapur,sirih dan garam, tambahkan bawang putih agar rasanya lebih gurih
·         Siapkan minyak goreng yang sudah dipanaskan, kemudian goreng sukun yang sudah di rendam air kapur dan garam tersebut hingga kering dan matang
·         Setelah matang anggkat dan tiriskan serta tunggu sampai dingin
·         Tambahkan gula jika ingin manis, dengan cara menaburkannya ke hasil gorengan yang sudah kering, tambahkan juga bumbu balado sesuai selera
·         Siapkan pada tempat kering dan tertutup.

2.5  Perencanaan Usaha
1.      Modal Usaha
Modal awal untuk mendirikan usaha tahu pedas sadis ini adalah Rp 5.000.000,00
2.   Biaya tetap:
- Kompor, Tabung Gas                                               Rp, 400.000
- Wajan Penggorengan                                                Rp, 50.000
- Telenan                                                                     Rp, 20.000
- Spatula                                                                      Rp, 10.000
- Pisau                                                                         Rp 20.000
- Ember                                                                       Rp, 5.000
- Serok                                                                         Rp, 15.000
- Dan Lainnya                                                             Rp, 80.000

Total Invetaris :                       Rp, 600.000

3. Biaya Variabel (bahan baku ) :
- Sukun 6 buah Rp, 10.000/ kg x 30 hari :                              Rp 1.800.000
- Gas 3 kg RP 23.000/ tabung x 4minggu :                             Rp 92.000
- Minyak 2 ltr, Rp, 12.000/ltr x 30 hari :                                 Rp 720.000
- Bumbu  Rp 15.000 x 30 hari :                                              Rp 450.000
- Kemasan plastik dan promosi :                                             Rp 500.000
- Gaji kariawan :                                                                                  Rp 300.000

                        Total Biaya oprasional :                                  Rp, 3.862.000

4.      Pendapatan per bulan
Penjualan kripik sukun = 40 bungku x Rp, 5.000/bungkus x 30 hari = Rp 6.000.000         
5.      Analisis Perencanaan Laba/Rugi
Keterangan
Debit
Kredit
Modal Usaha
Rp 5.000.000

Penjualan (30 hari )
Rp 6.000.000

Hpp (Biaya Tetap)

Rp 600.000
        (Biaya Variabel)

Rp 3.862.000


Laba Total


Rp 6.538.000
                                                       
Bab III
Kesimpulan

       Analisis peluang usaha, perhitungan modal dan penetapan harga jual, perhitungan rugi/laba dan terakhir analisis keuntungan sangatlah penting dan berpengaruh terhadap baik buruknya suatu bisnis atau naik turunnya perusahaan yang kita jalani ini akan terlihat.
      Setelah kami selisik dengan seksama peluang usaha kripik talas ini menjanjikan keuntungan yang cukup lumayan. Demikianlah yang dapat kami sampaikan semoga dapat  bermanfaat untuk ke depannya. Aamiin.


0 Response to "PROPOSAL RENCANA USAHA KERIPIK TALAS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...