proposal bisnis usaha salon
PROPOSAL
USAHA SALON
(USAHA
DALAM BIDANG JASA)
Fakultas ekonomi
UNIVERSITAS JABAL GHAfur2014
KATA
PENGANTAR
Segala puji
bagi Allah yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan proposal ini dengan
penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup
menyelesaikan dengan baik.
Proposal
ini disusun agar pembaca dapat mengetahui tentang jasa ,yang disajikan
berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber buku dan internet. proposal ini di
susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri
penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan
terutama pertolongan dari Allah, akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Proposal
ini memuat tentang “usaha salon (jasa)” , karena penyusun ingin mendalami
tentang cara membuka usaha catering dan ingin berbagi tentang usaha catering
tersebut.
Semoga
proposal ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Dengan
demikian penyusun mengucapkan terima kasih.
Daftar isi
1.
Latar Belakang.....................................................
a.
Konsep Bisnis
Produk perawatan yang berkualitas tinggi
Layanan konsumen yang prima
Desain dan atmosfer salon yang cozy dan eksklusif
b.
Produk yang ditawarkan
c.
Harga
d.
Persediaan Barang dan
Pemasaran
e.
Layanan pelanggan
f.
Desain Gerai
g.
Pasokan barang dagangan
h.
Operasi Gerai
Resiko salon...........................................................
Untuk mengatasi hal tersebut dengan cara.............................
PENUTUP.....................................................................
PEMBAHASAN
1.
Latar
Belakang
Salon adalah
sebuah usaha perseorangan yang bergerak di bidang jasa kecantikan baik itu
berupa kecantikan wajah, kecantikan rambut dan kecantikan badan. Usaha ini
dikhususkan bagi para wanita baik anak-anak remaja hingga orang dewasa. Jenis
jasa yang ditawarkan sangat variatif mengingat kebutuhan akan kecantikan
merupakan idaman bagi setiap wanita. Salon merupakan salah satu wadah untuk
mewujudkan hal tersebut. Selain itu, pelayanan yang baik menjadi andalan salon
tersebut untuk meningkatkan mutu pelayanan bagi pengunjung salon sehingga tidak
akan mengecewakan pelanggan.
a.
Konsep Bisnis
Salon adalah
konsep salon kecantikan untuk para wanita.Manajemen perusahaan ingin menekankan
bahwa peluang membuka salon kecantikan. Hal ini karena memanjakan diri di salon
kecantikan bagi banyak kaum wanita sudah merupakan kebutuhan. Semua wanita suka
memanjakan diri ke salon. Memanjakan diri di salon khusus bahkan telah menjadi
gaya hidup bagi kalangan tertentu.
Berikut ini adalah 5 elemen utama
yang ditawarkan Salon yang membedakannya dengan sesama salon kecantikan yang
ada di Sigli :
·
Produk perawatan yang berkualitas tinggi
Salon
didirikan untuk memberikan pelayanan dalam bidang jasa dengan produk perawatan
salon yang berkualitas tinggi dan harga terjangkau. Penawaran ini akan menjadi
jawaban bagi kebutuhan konsumen akan perawatan diri dengan produk berkualitas
tinggi dan harga yang terjangkau. Asisten salon merupakan lulusan terbaik dan
profesional sehingga dalam pengerjaannya terampil dan hasilnya dan tentunya
tidak akan mengecewakan para pelanggan nantinya. Selain itu, menu perawatan di
Salon ini sangat lengkap.
·
Layanan konsumen yang prima
Tujuan
perusahaan adalah mengembangkan layanan jasa yang positif dan proaktif yang
akan dialami oleh konsumen setiap kali mereka datang ke T2 Salon. Karena konsep
ini adalah konsep yang masih baru di kota-kota besar dan perusahaan
mengandalkan kunjungan kembali konsumen, maka interaksi dengan konsumen
merupakan hal yang kritis dan merupakan kunci sukses bisnis ini. Pegawai
memegang peranan penting dalam hal ini. Oleh karenanya, perusahaan menetapka
pegawai yang direkrut adalah orang-orang lulusan terbaik dan profesional,
berpenampilan menarik dan gembira, teliti, cekatan, motivasi tinggi, dan yang
memiliki komitmen untuk melayani konsumen. Perusahaan juga memberikan
perhatian, pengembangan diri karyawan, dan kompensasi bagi hasil bagi para
karyawannya agar dapat memberikan layanan yang prima.
·
Desain dan atmosfer salon yang cozy dan eksklusif
Salon akan
dirancang dengan cozy dan eksklusif pada interior dan perabotnya. Desain yang
unik sangat diperhatikan untuk menjadi penambah daya tarik salon.
b.
Produk yang ditawarkan
salon menawarkan berbagai bidang
jasa dalam kecantikan para wanita. Jasa yang ditawarkan dalam usaha tersebut yaitu
sebagai berikut
·
jasa
perawatan rambut seperti pemotongan rambut, Creambath, pelurusan rambut,
keriting rambut, spa, masker rambut, sasak rambut, cuci dan blow rambut, cat
dan bliching rambut dan toning rambut.
·
Jasa
perawatan wajah ditawarkan facial wajah, make up wajah, rias make up pengantin,
pijat wajah,totok aura.
·
Jasa
perawatan tubuh disediakan jasa mandi uap, berbagai macam lulur, mandi susu,
pijat refleksi, pediqure dan mediqure.
c.
Harga
Harga yang
ditawarkan dalam usaha tersebut sangat menggiurkan khususnya berada pada lokasi
perkuliahan mahasiswa maka harga masih terjangkau dan relatif murah jika
dibandingkan dengan harga salon di tempat lain, bahkan bisa mencapai 30
persennya.
Berikut adalah daftar harga :
Jasa perawatan
rambut
Rp 8.000 – Rp 250.000
Jasa perawatan
wajah
Rp 20.000 – Rp 150.000
Jasa
perawatan
tubuh
Rp 15.000 – Rp.100.000
d.
Persediaan Barang dan Pemasaran
·
Strategi
pemasaran perusahaan adalah menciptakan tingkat kesadaran kualitas, mendorong
terjadinya pembelian melalui berbagai materi promosi dan edukasi produk yang
ditawarkan perusahaan.
·
Implementasi
strategi ini meliputi hal-hal berikut:
·
Memberikan
gratis “creambath” agar konsumen dapat mencoba pelayanan.
·
Penawaran
kartu potongan yang dapat digunakan pada hari-hari tertentu untuk mendorang
kunjungan berganda.
·
Materi-materi
edukasi (seperti selebaran dan buku saku) yang berkaitan dengan produk
perawatan, manfaatnya, dan petunjuk pemanfaatan produk tersebut.
·
Layanan
proaktif karyawan : melatih dan mendidik karyawan mengenai teknik layanan dan
persiapan serta cara melayani konsumen dengan antusias
·
Penempelan
logo, media luar ruang, dan sebagainya.
e.
Layanan pelanggaN
·
Untuk
meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggan dan konsumen, Salon akan
menyelenggarakan pemasaran internal melalui proses rekrutmen, pelatihan, dan
motivasi para karyawannya. Hal ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman
kepada karyawan mengenai peranan mereka pada kepuasan konsumen. Hal ini menjadi
salah satu poin strategis bagi Salon dibandingkan dengan para pesaingnya.
·
Selain itu,
karyawan juga akan diberikan pelatihan mengenai product knowledge yang
ada digunakan di perusahaan. Dengan demikian, mereka dapat berfungsi sebagaimessenger bagi
para konsumen dan pelanggan perusahaan.
f.
Desain Gerai
·
Salon akan
dirancang dengan konsep cozy dan eksklusif. Suasana yang
dimunculkan adalah salon setaraf salon ternama, simpel modernis, bersih,
bergaya, dan menyenangkan. Perusahaan akan bekerja sama dengan arsitek desain
interior yang handal dan terkemuka untuk merancang konsep tersebut di atas.
g.
Pasokan barang dagangan
·
Bahan baku
untuk salon
·
Kudapan
penunjang
h.
Operasi Gerai
·
Salon akan
dioperasikan oleh satu manajer salon yang akan bekerja penuh waktu dan lima
sampai 5-6 orang pegawai pendukung yang bekerja paru waktu.
·
Jam operasi
salon adalah pkl. 09.00-23.00, setiap hari Senin-Minggu.
PELANGGAN
·
Pasar
sasaran Beauty Salon adalah wanita dan remaja. Salon akan berlokasi di tempat
yang mudah dijangkau oleh kalangan mahasiswa dan pegawai kantoran.
·
Perusahaan
berharap tingkat pengunjung yang datang kembali tinggi.
.
Resiko
salon
Dalam
berbisni salon atau usaha calon, kita haruz mengetahui berbagai macam kehandalan
dalam mengoperasikan kegiatan salon, resiko nya seperti :
1. Salah
memotong gaya rambut konsumen
2. Salah
memakai produk
3. Produk
jangan dipakai jika sudah abis masa
4. Harus tahan
terhadap bauk rambut pasien
Untuk
mengatasi hal tersebut dengan cara
1. Memotong rambut
konsumen dengan teliti
2. Teliti
dengan produk yang ingin di pakai
3. Produk
tersebut masi aktif (belum habis masa)
4. Memberikan
pelayanan yang baik
5. Mengerti
keluhan konsumen
6. Dan mudah
bersenyum terhadap konsumen
PENUTUP
Dari proposal yang sudah saya buat, saya berharap
usaha yang akan saya jalankan nantinya dapat bermanfaat dan berkembang di
kemudian hari. Serta dapat membuka peluang kerja untuk orang lain.
semoga bermanfaat
0 Response to "proposal bisnis usaha salon"
Post a Comment