PROPOSAL BISNIS USAHA MARTABAK
PROPOSAL BISNIS USAHA MARTABAK
"MARTABAK MANIS"
Proposal
Usaha
Martabak
Manis
I. Latar Belakang
Dalam
menjalani sebuah bisnis, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan ketahui
secara seksama bahwasanya saat kita memulai sebuah rintisan usaha maka peluang
pasar dan cara menggaet pelanggan atau penjual merupakan sebuah hal yang begitu
penting bahkan keduanya harus saling mengikat dalam sebuah usaha. Jadi
langkah-langkah yang mesti kita lakukan dalam memulai bisnis adalah
pertama-tama marilah kita mencoba setidaknya untuk segera mengetahui bagaimana
peluang pasar dalam bisnis kita serta bagaimana pula cara memperoleh order
tersebut. Kemudian yang kedua yaitu kita senantiasa harus mampu bagaimana
menganalisa mengenai kekuatan dan kelemahan terhadap kompetitor atau pesaing
kita dan seberapa jauh mana kemampuan kita ini dalam melakukan persaingan
dengan mereka secara baik melalui harga, pelayanan dan juga segi kualitasnya.
Dan terakhir yaitu adalah berusaha segenap kemampuan kita bahwa dengan segala
persiapan yang dimulai dari mental serta keberanian dipadukan menjadi satu.
Kita
perlu ketahui juga dengan menyingkirkan segala hambatan psikologis yang
dihadapi seperi adanya rasa malu, takut menghadapi kegagalan serta munculnya
perang batin merupakan suatu hal yang utama dari bisnis yang akan dimulai
karena perasaan-perasaan tersebut dapat memusnahkan pikiran keberhasilan kita
dalam mencapai suatu ide bisnis yang mulai kita bentuk. Maka dari itu, kita
perlu ingat dan jangan sampai terlupakan bahwa kita ini harus siap menghadapi
segala resiko yang akan terjadi, dimana resiko bisnis itu seperti adanya
keuntungan dan kerugian yang kita peroleh. Jadi perbandingan tingkat resiko
dengan keuntungan itu searah, yaitu semakin besar keuntungan yang didapat maka
resikonya pun semakin besar dan sebaliknya pula. Dan perlu kita pahami juga
bahwa senantiasa kita memerlukan sikap keberanian dalam mencoba dan memulai.
Jangan terlalu banyak wacana yang dibuat daripada aksi yang mau dilakukan. Oleh
karena itu, kita lebih baik mencoba tetapi gagal dibandingkan kita gagal dalam
mencoba.
Pada
konsep pemasaran ternyata ada banyak sekali bentuk beserta jenis
keaneka ragaman makanan yang kecil hingga besar. Tak ketinggalan pula dari sisi
harga yaitu mulai yang murah hingga sampai yang mahal. Kebutuhan sehari-hari
kita sungguh banyak sekali terdiri atas beberapa aktivitas yang dijalani oleh
setiap orang. Dengan aktivitas tersebut pastilah akan semakin padat tiap hari
sehingga membuat banyak orang membutuhkan adanya asupan makanan tambahan yang
penuh kemanfaatan bagi kesehatan tubuh. Kini makanan-makanan yang dijajakan
untuk beberapa tempat memang sudah bermacam-macam, akan tetapi biasanya makanan
yang dijual sebenarnya bukan makanan tradisional yang khas Indonesia
melainkan makanan yang hanya menirukan bentuknya saja tanpa memikirkan rasanya,
serta harga yang ditawarkan lumayan mahal.
Salah
satu makanan tradisional yang cukup sederhana dan sangat cocok untuk menjadi
makanan konsumsi di malam hari, sekaligus makanan ringan yang cukup istimewa.
Makanan itu bernama “MARTABAK MANIS”. Untuk membuat
makanan tradisional ini sangatlah sederhana dan pembuatan makanan ini akan
lebih dilakukan secara higienis serta akan dijual dengan harga yang dapat
dijangkau semua kalangan, tentunya hal ini akan bisa menarik minat masyarakat.
Keberadaan
makanan tradisional ini merupakan sebagai salah satu makanan tradisional khas
dari Indonesia
yang memiliki rasa lezat, enak, nikmat dan juga mengandung nutrisi protein
serta makanan tradisional ini telah dikenal dari masa ke masa. Oleh karena
itulah, bisnis makanan ringan ini sungguh layak untuk dikembangkan menjadi
salah satu bisnis kuliner alternatif yang ada di Indonesia . Adanya beberapa
potensi yang dibahas sebelumya di atas, maka saya ingin membuat usaha makanan
ringan, yaitu usaha makanan “MARTABAK MANIS” untuk dikembangkan
menjadi usaha yang cukup besar sehingga masyarakat sekitar senantiasa selalu
mengingat makanan tradisional khas dari Indonesia ini.
II. VisiMenjadikan makanan tradisional yang khas dari
III. Misi
–
Membuat martabak manis yang beraneka rasa dan digemari oleh semua kalangan
–
Memasarkan martabak manis di
beberapa tempat, baik di pasar maupun di supermarket
–
Menyiapkan dan menyediakan beberapa
outlet martabak manis beberapa di tempat ramai, misalnya sekolah, kampus,
maupun mall-mall
–
Membangun usaha wisata kuliner
makanan khas Indonesia IV. Analisa Peluang Usaha
Dalam
memulai usaha, ada hal yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu mengukur
kemampuan pada pesaing, yaitu dengan melalui analisis SWOT:1. Strenght / Kekuatan
Kekuatan dari produk makanan ringan ini yaitu :
– Menjual produk makanan untuk semua kalangan masyarakat
– Satu produk terdiri atas beragam macam bentuk dan rasa.
– Bahan produk yang higienis dan sangat terjamin
– Harga produk cukup terjangkau
2. Weakness / Kelemahan
Kelemahan dari produk makanan ini yaitu :
– Bersifat tidak tahan lama
– Produk makanan yang mudah untuk ditiru jenis dan bentuk
3. Opportunity / Peluang
– Tempat yang penuh strategis dan dapat dijangkau setiap masyarakat
– Fasilitas yang cukup memadai dan mampu diperoleh secara cepat
4. Threath / Ancaman
Adanya kompetitor yang menjual produk makanan martabak manis dengan harga yang cukup rendah.
V. Marketing Mix
1. Product (Produk)
Produk
yang dijual adalah Martabak Manis dan makanan ini merupakan makanan ringan yang
sesuai dengan keadaan masyarakat dan makana selingan dalam kehidupan
sehari-hari.
2. Price (Harga)
Harga
per porsi martabak manis yaitu sebesar Rp 12.000 dan harga ini sungguh
terjangkau.
3. Promotion (Promosi)
Untuk
melakukan promosi produk ini dapat dilakukan dengan cara yaitu
menyebarkan brosur makanan ini pada masyarakat sedangkan dalam masa promosinya
untuk tiap pembelian 1 paket yang berisi 5 porsi akan ada diskon sebesar
10% dari harga tersebut.
4. Place (Tempat)
Tempat yang dipilih yaitu tempat yang cukup strategis dan dapat dijangkau oleh para konsumen.
VI. Proses ProduksiPembuatan pada martabak manis ini yaitu bahan-bahan yang diperlukan serta proses produksinya adalah sebagai berikut :
Bahan-bahan:
- 400 gr tepung terigu serbaguna
- 3 butir telur
- 500 ml air
- 80 gr gula pasir
- 30 gr susu bubuk
- 8 gr garam
- 8 gr baking powder atau baking soda
- Minyak sayur atau cairan margarine secukupnya
- 2 gr vanili bubuk
- Tambahan rasa seperti susu kental manis, mesyes, keju, kacang tanah, daging asap, kismis, kacang mede dan sebagainya sesuai selera lidah masyarakat.
1. Telur dikocok sampai lepas kemudian masukkan air sedikit demi sedikit sehingg berbuih.
2. Lalu mencampur semua bahan kering secara merata dan masukkan ke dalam air yang berbuih tadi dengan kocokan telur. Setelah itu, kocok hingga semua bahan larut jadi satu.
3. Masukkan vanili dan minyak sayur atau margarin yang sudah dicairkan, kemudian aduk sampai rata. Jangan lupa adonan didiamkan selama 30 menit.
4. Setelah 30 menit, agak mulai mengembang dalam adonan tersebut, maka tuangkanlah ke dalam cetakan yang dipanaskan terlebih dahulu dan tutup sampai permukaan menjadi menggumpal dengan pori-pori kecil maupun besar.
5. Adonan yang sudah tertuang ke cetakan diberi taburan sedikit gula pasir pada permukaannya lalu tutup kembali hingga matang berwarna kecoklatan.
6. Kemudian martabaknya siap diangkat dan olesi dengan mentega dan taburi dengan bahan filling yang sudah disiapkan sesuai selera.
7. Martabaknya dilipat dengan diolesi lagi bagian atasnya dengan butter dan kemudian potong-potong menjadi beberapa irisan kecil maupun sedang.
VII. Perhitungan Modal dan Harga Jual
1. Modal :
– Bahan Baku
1. Terigu 2 kg Rp 11.000
2. Telur 2 kg Rp 20.000
3. Gula Pasir 1 Kg Rp 10.000
4. Air Rp –
5. Garam Rp 4.000
6. Baking powder /soda kue Rp 3.000
7. Margarin Blue Band Rp 7.000
9. Fermipan atau ragi Rp 3.000
Rp 58.000
– Bahan Taburan
1. Keju Rp 15.000
2. Meises Rp 7.000
3. Kacang tanah 1/2 kg Rp 5.000
4. Susu kental MANIS Rp 9.000
Rp. 36.000
– Bahan
Jadi total : Bahan
Rp 58.000 + Rp 36.000 + Rp 40.000 = Rp. 134.000
2. Harga Jual
Harga Jual : Rp 10.000 x 40 porsi = Rp. 400.000
Harga Pokok Produk per unit :
Harga beli bahan baku Rp 3.500
Harga beli bahan tambahan Rp 2.000
Rp 5.500
Jumlah HPP : Rp 5.500 x 40 porsi = Rp 220.000
VIII. Perhitungan Rugi Laba
Pendapatan dari penjualan Rp. 400.000
Harga Pokok Penjualan Rp. 220.000
Laba Kotor Rp. 180.000
Biaya penjualan:
Biaya pembuatan brosur Rp 25.000
Biaya transportasi Rp 30.000
Biaya sewa tempat Rp 20.000
Biaya listrik dan air Rp 10.000
Biaya komunikasi Rp 22.000
Biaya lainnya Rp 10.000
Rp 117.000
Laba bersih Rp 63.000
X. Kesimpulan
Berdasarkan
pembahasan di atas maka kesimpulan yang dapat digambarkan mengenai proposal
usaha makanan ringan ini yaitu martabak manis bahwa agar produk yang akan
dipasarkan ini bisa diterima oleh seluruh kalangan, sebaiknya kita harus
mengetahui dan melakukan beberapa hal, yakni :
–
Membuat produk yang
berkualitas, laris dan bermanfaat untuk dijual dengan harga yang mampu
bersaing;
–
Membuat desain atau cover
produk yang inovatif dan kreatif serta memasang harga terjangkau;
–
Membuat produk yang bisa lebih
cepat dan tentunya tahan lama ( paling lama 3 hari );
–
Menentukan wilayah pemasaran
yang strategis sehingga bisa bersifat menguntungkan.
0 Response to "PROPOSAL BISNIS USAHA MARTABAK"
Post a Comment