Proposal Usaha Makanan Martabak Manis
PROPOSAL
USAHA MAKANAN
“MARTABAK MANIS
Disusun Oleh :
SYAHWAL
FAZILLAH
11106111093
PROPOSAL USAHA MAKANAN MARTABAK MANIS
Bab I pendahuluan
1.1
Latar Belakang.
Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai bentuk dan macam2
aneka ragam makanan dari yang kecil dan hingga besar dan dari yang murah hingga
sampai yang mahal. Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktifitas yang
dijalani dan juga pasti memiliki makanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh.
Makanan-makanan memang sudah banyak sekali yang menjualnya tetapi makanan ini
begitu sangat sederhana dan baik dikonsumzi ketika malam hari agar terlihat
lebih istimewa dipandangan masyarakat. Dengan makanan ini dilakukan dengan cara
pembuatan yang sederhana dengan lebih baik dan higienis begitu juga harga
terjangkau dan banyak pula masyarakat yg berminat untuk membelinya dengan rasa
yang cukup enak,nikmat dan lezat.
Oleh karena itu saya memilih jenis usaha yaitu “Martabak Manis”
untuk dijual karena untuk mengingatkan masyarakat indonesia agar tidak
lupa makanan khas indonesia,karena ini merupakan selingan dan baik untuk
dikonsum
1.2
Manfaat Pembuatan Proposal
1.Mengamati aspek-aspek penting dalam berwirausaha yang
harus diperhatikan sebelum memulai Usaha.
2.menambah wawasan tentang cara memulai usaha.
3.melatih dalam pembuatan rencana anggaran secara sistematis
4.Sebagai pedoman wirausaha untuk tetap fokus pada tujuan dan target bisnisnya.
1.3 Tujuan Pembuatan Proposal.
1.Meyakinkan pihak-pihak yang akan memberikan dukungan baik keuangan maupun dokumentasi moral 2.Sebagai pegangan dalam menjalankan usaha /bisnis.
1.Meyakinkan pihak-pihak yang akan memberikan dukungan baik keuangan maupun dokumentasi moral 2.Sebagai pegangan dalam menjalankan usaha /bisnis.
Bab II perencanaan modal
2.1
Aspek Produksi.
Produk yg dijual adalah Martabak Manis yang merupakan makanan
selingan makanan sehari hari. Untuk harga perporsi usaha ini sangat
terjangkau dan relatif murah untuk ukuran 12cm. dalam menjalankan
usaha ini kita harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha
yang dijalani dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat(konsumen).
Menentukan objek pasar dalam menjalankan usaha ini harus
menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau oleh
masyarakat(konsumen) ialah Tempat yang diambil di Jln Raya sambi kediri karena
tempatnya yang cukup strategis.
2.2 Aspek Pemasaran.
Dalam melakukan promosi
produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dengan promosi disetiap
pebelian 1 paket dengan isi 5 porsi akan memberikan 10% dari harga
tersebut.
2.3 Aspek Organisasi dan Manajemen.
Untuk usaha ini masih
terbilang kecil jadi masih belum ada karyawan untuk usaha ini.
2.4 Analisis SWOT.
Setiap kegiatan untuk memulai usaha saya harus mengukur
kemampuan saya terhadap lingkungan atau
pesaing yaitu melalui analisi SWOT.
1.strength
(kekuatan).
kekuatan
dari produk ini ialah:
1.
Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat.
2. 1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa.
3.
Bahan produk yg terjamin sehat dan hiegienis.
2.weakness
(kelemahan).
kelemahan
dari produk ini ialah:
1.Tidak
dapat tahan lama.
2.Produknya
mudah ditiru.
3.produk
tidak terjual banyak
3.
Opportunity (peluang).
peluangnya
ialah:
1.Tempat
strategis.
2.Fasilitas
yang cukup memadai.
4.
threath (ancaman).
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang tidak
terlalu mahal.
2.5 Aspek Modal Usaha.
Modal dihasilkan dari
pinjaman orang tua sebesar Rp.3.000.000 dianggarkan dalam:
A. Biaya Tetap
-gerobak = Rp.500.000
-ofen = Rp.200.000
-mixer =
Rp.130.000
-kompor
gas = Rp.100.000
-Meja+kursi = Rp.500.000
-piring
kecil 2lusin @ 13.000 = Rp.26.000
-sendok
2lusin @ 12.500 = Rp.25.000
-garbu
2lusin @ 12.500 = Rp.25.000
-gelas
plastik 1pak isi 5o pcs = Rp.24.000
-pisau makan
2lusin @ 13.000 = Rp. 26.000
+
B.
Biaya Variabel: Rp1.556.000
-sewa tempat =Rp. 10.000
-Listrik dan air =Rp.
3.000
-Transportasi =Rp.
10.000
-Pembuatan brosur =Rp.
25.000
-Piring plastik 1lusin @ 150Ă—10 =Rp. 15.000
-Kardus 40biji @250Ă—50 =Rp.12.500
-gas elpiji =Rp.13.000
-sedotan 1pak isi 50 =Rp.3.000
Bahan baku:
-telur 3kg @
15.000Ă—3
=Rp.45.000
-terigu 4kg @
6.000Ă—4
=Rp.24.000
-gula pasir 2kg @
9000Ă—2 =Rp.18.000
-airÂ
=-
-garam
1bngkus
=Rp.1.000
-soda kue 3 @
3000Ă—3
=Rp.9.000
-blue band ½
kg
=Rp.6.000
-pewarna kuning 2biji @
1000Ă—2
=Rp.2.000
-fermipan(pengembang soda)
2biji
=Rp.1.000
Bahan taburan:
-kacang tanah
1kg
=Rp.14.000
-Meises ½
kg
=Rp.10.000
-keju
1biji
=Rp.6.000
-susu kental manis 3kaleng @
8.500 =Rp.25.500
-wijen
2ons
=Rp.12.000
Bahan minum:
-kuku bima
1pak =Rp.3.500
-es batu ukuran plastik
2kg
=Rp. 500 + Rp. 269.000Jadi biaya variabel untuk
1bulan adalah Rp269.000Ă—30 =Rp8.070.000
C.
Biaya tak terduga =
Untuk
biaya tak terduga ialah Rp.100.000
Bab III perencanaan keuangan
3.1
penentukan harga pokok produk
Biaya produksi (variabel) =HPP
Jumlah Produk jadi Rp.269.000 = Rp 6.725 dibagi 40= Rp
6.800
Laba yang diinginkan
=Rp6.800 x 25 ibagi 100 = Rp1700
Harga jual =Hpp + Laba
=Rp6.800 + Rp1700 =Rp8.500
3.2
analisis pendapatan:
Maka pendapatan perhari Rp8.500 x 40=Rp340.000
Maka
pendapatan perbulan Rp.340.00030=Rp10.200.000
`
3.3 analisis perencanaan laba Analisis
pendapatan/bulan – biaya variabel/bulan
Rp10.200.000 – Rp8.070.000= Rp.2.130.000
BAB VI .Penutup
4.1
Kesimpulan
harapan saya untuk produk “Martabak Manis”ialah supaya produk ini bisa lebih Berkembang
dan maju dan banyak konsumen yang meminatinya. Disamping itu,saya
mengharapkansupaya produk makanan ini tidak berkurang, karena produk ini
sangatbagus dan berkualitas.
4.2
SARAN.
Demikian proposal ini saya buat. saya menyadari masih banyak
kesalahn-kesalahan yang saya buat untuk itu kritik dan saran dari bapak/ibu
sangat saya harapkan. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan
terima kasih.
TERIMA KASIH
TELAH MENGUNJUNG BLOG KAMI
0 Response to "Proposal Usaha Makanan Martabak Manis"
Post a Comment